Bupati Sorsel Buka Pelatihan Percetakan Batu Tela Dan TTG

  • 01 November 2017 06:28 WITA
Males Baca?
MCWNews.com - TEMINABUAN | Untuk memberikan keterampilan kerja dan berusaha bagi masyarakat Sorong Selatan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) menggelar Pelatihan Percetakan Batu Tela dan Pelatihan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang dilaksanakan di Aula P3W Teminabuan.
 
Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama 10 hari dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, SE
 
Turut hadir dalam acara ini Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Sorsel Yonas Howay, SE, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sorsel, Yulian Tauwe, SIP, serta Puluhan Peserta Pelatihan. 
 
Dalam laporanya Ketua Panitia Rahmat Parintak, SE menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan keterampilan kerja dan berusaha kepada masyarakat agar peserta dapat melibatkan diri melalui pendidikan dan pelatihan sehinggga nantinya dapat mengerti, menghayati, melaksanakan, mengembangkan untuk meningkatkan taraf hidupnya.
 
Selain itu ungkapnya pula bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk memperluas kesempatan bekerja dan kesempatan berusaha bagi masyarakat pada umumnya dan lebih khususnya bagi pencari kerja.
 
Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, SE dalam sambutanya mengatakan dirinya akan memberikan bantuan modal berupa bahan baku  dan sejumlah material sehingga kelompok binaan ini dapat memiliki modal usaha dan usai mengikuti kegiatan ini dapat memulai usaha ini.
 
"Dirinya akan merekomendasikan produk yang dihasilkan kelompok binaan ini dan akan mempromosikan kepada sejumlah OPD dan rekanan kontraktor yang mendapat proyek di Pemda Sorong Selatan agar membeli batu tela dari kelompok binaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sorsel," ungkapnya. 
 
Demikian juga bagi kelompok binaan dari TTG Bupati berjanji akan mempromosikan hasil produksi dari krupuk udang dari sorsel dirinya berharap agar kelompok usaha ini nantinya harus mampu menunjukan hasil dari pelatihan ini. 
“Saya akan membantu mempromosikan kerupuk udang ciri khas Sorong Selatan ini dan akan menyiapkan satu los di pasar kajase untuk digunakan sebagai tempat menjual hasil produk ini,“ jelasnya. 
 
Dalam pelatihan batu tela ini diikuti oleh 10 orang peserta yang direkrut dari masyarakat pencari kerja yang berasal dari distrik Teminabuan sebanyak 5 orang dan dari distrik Wayer sebanyak 5 orang.
 
Sementara itu untuk pelatihan Program Teknologi Tepat Guna (TTG) yang difokuskan pada pelatihan prosesing pengolahan bahan baku menjadi barang jadi (Krupuk Udang) diikuti oleh 20 orang peserta dari distrik Teminabuan.
 
Dalam kesempatan yang sama secara simbolis Bupati Sorong Selatan menyerahkan bantuan berupa alat cetak batu tela dan sejumlah peralatan pembuatan krupuk udang kepada 2 orang peserta.
 
(Engel berto)


TAGS :

Komentar