Kasdam IX/Udayana Terima Kunjungan Kehormatan Delegasi NDU PLA

  • 05 Desember 2019 21:59 WITA
Males Baca?


MCWNews.com - DENPASAR | Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri menerima kunjungan kehormatan rombongan Delegasi Vice President And Dean Of The National Defense Univercity Of The People’s Liberation Army Of China (NDU PLA) ke Kodam IX/Udayana yang dipimpin MG Zhao Wenhua (Wakil Rektor NDU), Kamis (5/12/2019) di Ruang Erlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut Kasdam IX/Udayana membacakan sambutan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., yang diawali dengan ucapan selamat datang kepada rombongan Delegasi di Kodam IX/Udayana dan dilanjutkan dengan memperkenalkan para Pejabat Kodam IX/Udayana yang mendampinginya diantaranya Irdam, Danrem 163/Wira Satya, Kapok Sahli Pangdam IX/Udy, Perwira Staf Ahli Pangdam IX/Udy, para Asisten Kasdam IX/Udy, LO AL, LO AU dan Kapendam IX/Udy.

Indonesia dan China memiliki hubungan kerjasama diplomatik yang sangat baik. Salah satunya peran strategis guna mendukung kelancaran pembangunan pertahanan tersebut adalah keberadaan Tentara Nasional di masing-masing negara.

Untuk itu kunjungan semacam ini saya nilai sangat penting dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama antara Tentara Nasional Indonesia dengan PLA China untuk menjaga kawasan. 

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat meningkatkan hubungan kerjasama Indonesia dengan China di bidang pertahanan antara TNI AD dengan People’s Liberation Army Of China (PLA) sangat penting di bidang peningkatan kualitas mutu Prajurit”, harap Pangdam.

Selanjutnya Pangdam menjelaskan tentang tugas pokok Kodam IX/Udayana yaitu menegakkan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah darat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia di wilayah daratan Bali dan Nusa Tenggara.

Implementasi tugas pokok Kodam IX/Udayana sebagai penjabaran tugas TNI AD yaitu melaksanakan tugas TNI Matra Darat bidang pertahanan dalam Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), menjaga keamanan wilayah  perbatasan darat Indonesia dengan RDTL dan pulau-pulau terluar, melaksanakan pembangunan dan pengembangan pembinaan kekuatan Matra Darat serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan darat di wilayah Bali Nusra. Dalam melaksanakan tugas pokoknya, Kodam IX/Udayana mengemban fungsi selaku Komando Utama Operasi (Kotama Ops) dan Komando Utama Pembinaan (Kotama Bin), tambah Pangdam.

Mengakhiri sambutannya, Pangdam berharap kepada rombongan Delegasi dapat meluangkan waktu untuk menikmati keindahan alam Pulau Bali, karena salah satu wilayah Kodam IX/Udayana yaitu Bali menjadi destinasi wisatawan domestik maupun manca negara.

Dengan memiliki keindahan tempat-tempat wisata dan uniknya adat budaya yang dimiliki masyarakat Bali maka menjadikan Bali sebagai primadona bagi wisatawan. 

Pada kesempatan tersebut juga, Pimpinan Delegasi NDU PLA dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dari Kodam IX/Udayana yang telah menerima kunjungan Delegasi Vice President And Dean Of The National Defense Univercity Of The People’s Liberation Army Of China (NDU PLA) dan dilanjutkan dengan memperkenalkan anggota Delegasi NDU PLA sebanyak 26 orang.

Terkait video profil Kodam IX/Udayana yang ditayangkan saat pertemuan, Pimpinan Delegasi menyampaikan bahwa kebanyakan tugas yang diemban oleh Kodam IX/Udayana sama dengan tugas bagi tentara pembebasan Rakyat Cina dan kami berharap agar kita dapat berdiskusi tentang isu atau masalah tugas terkait ancaman yang dihadapi.

Acara yang berlangsung tertib, aman dan lancar diakhiri dengan pertukaran cinderamata dan foto bersama. (Pendam IX/Udy)


TAGS :

Komentar