Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas

  • 10 Desember 2019 20:32 WITA
Males Baca?
MCWNews.com - JAKARTA | Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyelenggarakan acara apresiasi dan penganugerahan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Dalam kesempatan tersebut Wakil Presiden Maruf Amin yang didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyerahkan apresiasi dan penghargaan kepada 16 pemimpin perubahan di kementerian/lembaga/pemda yang berhasil membangun zona integritas secara masif sehingga mendapatkan predikat WBK dan WBBM.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (10/12/2019). 

Maruf Amin meminta aparatur sipil negara (ASN) selalu meningkatkan pelayanan yang berintegritas bagi masyarakat.

Salah satunya dengan pemanfaatan teknologi informasi.

"Pemerintah harus berinovasi melalui pemanfaatan teknologi informasi. Melalui transformasi digital, diharapkan pelayanan kepada masyarakat semakin baik dan berintegritas.

ASN yang berintegritas akan memegang teguh prinsip kejujuran, konsistensi, orientasi pelayanan, inovatif, disiplin," kata Ma'ruf Amin.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengatakan penghargaan diberikan atas pelayanan yang dilakukan ke masyarakat.

"Pengaduan yang cepat tanggap, cepat direspons, cepat ditindaklanjuti. Berbagai keluhan masyarakat harus cepat ditindaklanjuti dengan berbagai perbaikan," kata Tjahjo.

Tjahjo berpesan agar kementerian dan lembaga lainnya terus berinovasi.

Hal tersebut untuk semakin memuaskan pelayanan kepada masyarakat.

"Instansi pemerintah harus mengambil langkah-langkah untuk memuaskan masyarakat," ujarnya.



Tjahjo meminta instansi lainnya untuk tidak malu meniru kepada penerima penghargaan.

Menurutnya, penghargaan ini bukan kompetisi tapi sarana untuk semakin baik dalam melayani masyarakat.

Pemimpin perubahan yang dimaksud adalah Jaksa Agung ST Burhanuddin, Ketua Mahkamah Agung yang diwakili Wakil Ketua Mahkamah Agung M. Syarifuddin, Menteri Keuangan yang diwakili Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto, Menteri Hukum dan HAM yang diwakili Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian yang diwakili Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono, Menteri Luar Negeri yang diwakili Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN Sofyan Djalil, Menteri Agama Fachrul Razi, Kepala BPOM Penny Lukito, Kapolri yang diwakili Inspektur Pengawasan Umum Polri Moechgiyarto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Muchlis Rantoni Luddin, Agen Pelopor Pembangun di Unit Kerja RSPAD Gatot Subroto Terawan Agus Putranto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo, Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, dan Direktur Jenderal Imigrasi Ronny Franky Sompie.(*)


TAGS :

Komentar