'Drawa dan Kangpho' Diperkenalkan di Mimika Papua

  • 13 Desember 2019 18:39 WITA
Males Baca?
MCWNews.com - TIMIKA | Pengurus Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) Sub Mimika memperkenalkan maskot PON ke XX Papua Tahun 2020 kepada masyarakat setempat, Jumat (13/12/2019).

Sebelumnya, maskot PON 2020 tersebut telah diumumkan secara langsung oleh PB PON 2020 di Jakarta pada Rabu (20/11/2019) lalu.

Terdapat dua maskot untuk perhelatan akbar yang dilakukan 4 tahun sekali ini yaitu dua hewan khas Papua, yakni Kangguru Pohon yang diberinama Kangpho, dan Burung Cenderawasih yang diberinama Drawa. 

Maskot PON tersebut diperkenalkan Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang juga selaku Ketua Umum PB PON Papua Sub Mimika, didampingi Wakil Bupati Johannes Rettob sebagai Wakil Ketua Umum, dan Sekretaris Umum Cessar Avianto Tunya.

Kangpho, Kangguru Pohon Mantel Emas, digambarkan menggunakan rumbe-rumbe pada bagian kepala dan pinggang yang merupakan busana kebesaran untuk kaum laki-laki dan perempuan Papua. 

Terdapat ukiran pada ikat pinggang yang merupakan desain khas Papua. Pada bagian depan mahkota juga ditampilkan gambaran gunung bersalju yang merupakan gambaran puncak Gunung Jayawijaya.

Warna kuning keemasan adalah lambang kejayaan hasil kekayaan tambang bumi Papua.

Kemudian terdapat ukiran khas Papua yang sangat terkenal ke seluruh dunia. 

Sementara untuk Drawa juga digambarkan menggunakan mahkota dan rumbe-rumbe yang didadanya tersemat medali dengan tali merah putih yang menandakan kebersamaan memperebutkan medali dalam bingkai NKRI.

Tubuh Drawa diberi warna orange yang melambangkan kehangatan, persahabatan dan cinta kasih, sementara warna kuning di kepala Drawa adalah warna asli cenderawasih yang melambagkan semangat, kehangatan dan kegembiraan.

Dan untuk jumlah sayap, ekor, dan jari pada kedua kaki Drawa melambangkan penyelenggaraan PON XX yang rencananya dibuka pada 20 Oktober 2020 pukul 20.00 WIT.

Selain logo dan maskot, ada juga tagline PON XX 2020, yaitu 'Torang Bisa' yang merupakan penyemangat khas Papua yang bertujuan untuk mengobarkan semangat juang para atlet.

Bupati Eltinus Omaleng mengatakan, semua masyarakat Mimika tanpa terkecuali harus mendukung dan sama-sama mensukseskan PON di tahun 2020 mendatang.

Salah satu contoh bentuk dukungan yang dapat diberikan masyarakat Mimika, yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar sehingga Mimika bebas dari sampah agar terlihat bersih dan Indah.

"Saya mengajak semuanya untuk selalu menjaga kebersihan kota Timika ini agar pelaksanaan PON nanti tamu yang datang disini tidak merasa kecewa dan pemandangan indah bersih yang kita suguhkan," kata Eltinus. 

Dia juga menyebutkan, saat ini persiapan Mimika sebagai salah satu kabupaten/klaster penyelenggara PON sudah mencapai 85 persen. 

Eltinus memastikan, sisa venue yang masih dalam tahap pembangunan dan lelang akan terselesasikan pada Juli 2020 sebelum masuk pelaksanaan PON.

"Kenapa saya bilang 85 persen, karena untuk venue biliard masih dalam pembangunan, dan venue panjat tebing dan aero sport masih dilelang proyeknya," ujar Eltinus. 

Saat diwawancarai usai perkenalan Maskot PON, Eltinus yang tampak cukup bersemangat, menjelaskan anggaran yang dikucurkan dari Pemkab Mimika untuk perhelatan Akbar tersebut sebesar Rp200 miliar.

Dikatakan pula, telah dilakukan penandatanganan MoU antara tiga kabupaten penyelenggara PON dengan pemerintah provinsi dalam hal ini Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura bahwa anggaran untuk akomodasi dan transportasi ditanggung kabupaten masing-masing.

"Hal itu dilakukan karena sudah dua kali gubernur bertemu Presiden RI Joko Widodo di Jakarta terkait anggaran ini namun tidak ada respon sehingga keputusan gubernur bahwa kita sendiri yang akan tangani soal anggaran," jelasnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat akan dilakukan pertemuan bersama dengan Tim Sub PB PON Mimika untuk membahas berapa besar anggaran untuk akomodasi dan transportasi.

"Hotel-hotel di Mimika tidak boleh terima tamu selain dari kita, yang dari luar kalau sudah booking dan bayar uang muka itu kita akan kembalikan. Jadi pemilik hotel di Mimika jika menerima tamu harus atas sepengetahuan Pemda Mimika karena ini kita mau atur secara baik," pungkasnya.

Kabupaten Mimika sendiri nantinya akan menyelenggarakan 9 cabang olahraga dengan 12 disiplin cabang olahraga. 

Adapun cabang olahraga tersebut yaitu judo, tarung derajat, bola tangan, futsal, biliar, panjat tebing, bola basket 3 x 3, bola basket 5 x 5, atletik, aeromodelling, terbang layang, dan terjun payung. (*)


TAGS :

Komentar