Tambahan 39 Kasus, Terbanyak Dari Kota Jayapura 22 Orang

  • 19 Juli 2020 15:45 WITA
Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule
Males Baca?

MCWNEWS.COM, JAYAPURA - Jumlah penderita Covid-19 di Papua terus bertambah. Lonjakan kasus berasal dari Kota Jayapura.

Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule mengungkap sebanyak 39 kasus baru per hari ini Minggu (19/7) pukul 18.30 WIT.

"Hari ini ada penambaham 39 tambahan kasus baru penderita Covid-19 di Papua. Dengan tambahan itu, maka jumlah kasus komulatif  sebanyak 2.568 orang.  

Sebanyak 1.508 mendapat perawatan baik di rumah sakit maupun karantina terpusat atau isolasi mandiri "kata Sumule saat menggelar rilis di Kantor BPBDProvinsi Papua, Minggu (19/7/2020) malam.

Dijelaskan, penambahan 39 kasus tersebut berasal dari 4 Kabupaten dan Kota di Provinsi Papua dan terbanyak berasal dari Kota Jayapura.

"Kota Jayapura sebanyak 22 orang, Kabupaten Jayapura sebanyak 10 orang, Mimika 6 orang dan Kabupaten Jayawijaya 1 orang," jelasnya.

Selain penambahan kasus positif, sebanyak 10 orang pasien yang sebelumnya menjalani perawatan hari ini dinyatakan sembuh. 

"Puji Tuhan, hari ini terdapat 10 orang pada hari ini dinyatakan sembuh, yakni dari Kabupaten Mimika 7 orang, Kabupaten Kepulauan Yapen  2 orang dan Kota Jayapura 1 orang. Dengan begitu jumlah kesembuhan kita sebanyak 1.233 orang. Dan yang meninggal sebanyak 27 orang," paparnya. 

Pihaknya mengaku 2 Kabupaten Kota menjadi atensi atas naiknya kasus positif Covid-19. Yakni Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

"Kami memberikan penekanan di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura yang dalam 3 hari belakangan ini mengalami penambahan kasus. Kami harap 3T yakni Trace, Test dan Treat benar-benar dilakukan dab jangan kendor," ucapnya.

Dikatakan, pihaknya siap melalukan pendampingan dan mendukung penuh upaya pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Kota di Papua. Koordinasi penting terus dilakukan untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Papua yang saat ini telah tembus diangkat 2.568 orang.

"Optimalisasi peran Puskesmas akan dilakukan agar meringankan beban kerja Rumah sakit. Puskesmas adalah garda pelayanan pertama sementara rumah sakit adalah terkahir. Sehingga peran Puskesmas untuj 3T juga sangat penting. Kami Satgas Covid-19 Provinsi Papua siap mendampingi dan mengawal pena ganan Covid-19di Kabupaten Kota," ucapnya.

Dirinya juga terua menghimbau agar warga masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang disampakan pemerintah. Warga dimunta disiplin menerapkan pola hidup sehat dan upaya pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua. (Ed)



TAGS :

Komentar