Menko Polhukam Berkunjung ke Papua Bahas Pilkada Serentak

  • 21 Juli 2020 10:40 WITA
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Prof. Mahfud MD,
Males Baca?

MCWNEWS.COM, TIMIKA | Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Prof. Mahfud MD, Rabu (22/7) besok, melakukan kunjungan kerja ke Timika, Ibu Kota Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Kunjungan Menko Polhukam rencananya akan didampingi Mendagri Tito Karnavian, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy, Kasum Panglima TNI, Wakil Ketua DPD RI, Gubernur Papua, serta jajaran Forkopimda Papua.

Rombongan Menko Polhukam akan melakukan pertemuan bersama dengan Bupati Mimika, Tim Gugus Tugas Covid-19, tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat, serta jajaran Forkopimda setempat, yang dibatasi paling banyak 50 orang.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, agenda utama Menko Polhukam adalah membahas perkembangan situasi politik terkini, pendisiplinan masyarakat taat protokol kesehatan Covid-19, Pilkada Serentak 2020, dan pengamanan obyek vital nasional.

"Tidak ada kunjungan langsung ke luar, semua di gedung, termasuk ke wilayah Tembagapura juga tidak ada," katanya di Timika, Selasa (21/7).

Ia menerangkan, Menko Polhukam dan Mendagri konsen terhadap kesiapan menjelang berbagai agenda tersebut, dan memastikan aktivitas di wilayah obyek vital nasional tetap produktif di tengah pandemi Covid-19.

"Intinya semua terkait kesiapan Papua dalam menyambut Pilkada serentak. Kenapa di Timika, karena terkait dengan obyek vital nasional. Dengan adanya Covid-19, perlu dipastikan tidak mempengaruhi produktivitas kerja di wilayah obyek vital itu," katanya. 

Adapun, 11 kabupaten yang akan menggelar pilkada pada 9 Desember 2020 mendatang yaitu Kabupaten Supiori, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Boven Digul, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Kemudian, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Merauke, Kabupaten Waropen, Kabupaten Keerom, Kabupaten Asmat, dan Kabupaten Nabire. 

*Protokol Kesehatan* 

Di samping itu, Menko Polhukam mewakili pemerintah pusat akan berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Mimika, untuk memastikan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehtan.

Dalam kunjungan tersebut, semua pihak juga wajib menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan sebelum memasuki ruangan.

"Semua pihak yang datang termasuk wartawan hingga driver pun harus menjalani rapid test terlehih dahulu," kata Kapolres. 

Karena itu, peserta yang hadir pun dibatasi paling banyak 50 orang dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

"Termasuk juga pengamanan agak berbeda dari biasanya, karena ini masih masa pandemi Covid-19 sehingga protokol kesehatan tetap masih diperkuat," ujarnya.

Ia menambahkan, pengamanan kunjungan Menko Polhukam dan Mendagri melibatkan sekitar 250 personel kepolisian ditambah personel TNI dari sejumlah satuan juga sekitar 250an personel.

"Kita amankan, dan harapannya masyarakat Mimika betul-betul bisa menunjukkan bahwa Timika adalah kota yang aman," pungkasnya. (Sev)



TAGS :

Komentar