Ternyata Banyak Broker Pengaruhi Penempatan Saham Jiwasraya

  • 22 Juli 2020 12:30 WITA
Males Baca?

MCWNEWS.COM, JAKARTA  - Sidang perkara kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) kembali membongkar keterlibatan beberapa perusahaan sekuritas alias broker yang melakukan transaksi penempatan investasi Jiwasraya di saham-saham gorengan.

Dalam persidangan, saksi Glenn Riyanto, Divisi Bisnis Development Trimegah Sekuritas menuturkan bahwa Maudy Mangkey yang merupakan asisten dari Piter Rasiman selaku Direktur PT Himalaya Energy ikut berperan dalam mengatur transaksi Jiwasraya yang dimainkan terdakwa Joko Hartono Tirto.

Menurut Glenn, Maudy memberikan informasi melalui email, telepon mengenai saham yang akan harus dibeli oleh Trimegah.

Saham-saham yang dibeli itu antara lain, PT Inti Agri Resources Tbk (IIKP), PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) sebuah perusahaan yang dikendalikan Heru Hidayat sebagai terdakwa Jiwasraya.

“Jenis saham yang diinformasikan Maudy kurang lebih PPRO, BJBR, TRAM, IIKP, SMRU, BTEK, LCGP,” tutur Glenn, dalam kesaksiannya di Pengadilan Tipikor Jakarta, seperti dilansir dari Keadilan.id, Rabu (22/7).

Dalam pengakuannya, ada beberapa broker yang terlibat dalam transaksi Maudy Mangkey terkait Jiwasraya. Broker itu antara lain Daewoo Sekuritas, yang kini berubah nama menjadi Mirae Asset Sekuritas, Panin Sekuritas, Lautan Dana Sekuritas, CIMB Sekuritas, dan Pool Advista Sekuritas.

Sedangkan beberapa perusahaan manajer investasi yang digunakan Maudy untuk berinvestasi di reksa dana yang ditempatkan Jiwasraya antara lain, PT Prospera Asset Manajemen, PT Danawibawa Manajemen Investasi, PT OSO Manajemen Investasi, PT Pinacle Persada Investasi, PT GAP Capital, PT Maybank Aset Manajemen hingga MNC Aset Manajemen.

Menimpali pernyataan Glen, Maudy mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui bahwa perusahaan PT Trada Alam Minera merupakan milik Heru Hidayat. Namun ia mengakui dirinya telah menerima email dari perusahaan tersebut.

Diketahui, Maudy merupakan anak buah dari Joko Hartono Tirto selaku Direktur PT Maxima Integra. Hal itu dibenarkan oleh saksi Rosita sebagai agen Mirae Asset Sekuritas.

“Maudy anak buah Joko Hartono Tirto, dengan dasar saya pernah menerima email Maudy Mangkey dengan nama Maxima Integra,” ungkap Rosita. (yt)



TAGS :

Komentar