Pertanyakan Hasil Tes, Ratusan CPNS OAP Duduki Kantor BKD Raja Ampat

  • 30 Juli 2020 08:25 WITA
CPNS orang asli Papua saat duduki kantor BKD Raja Ampat, dan mendengar Arahan dari Sekda, Dr. Yusuf Salim, M.Si
Males Baca?

MCWNEWS.COM, RAJA AMPAT - Ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) semuanya Orang Asli Papua (OAP) dari Kabupaten Raja Ampat pada formasi tahun 2018. 

Menduduki kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Raja Ampat untuk mempertanyakan hasil tes pengumuman CPNS. 

Menurut informasi, hasil tes CPNS tahun 2018 akan diumumkan pada tanggal 30 Juli 2020, namun dari pagi hingga menjelang siang hasil tes CPNS belum juga keluar.
Melihat kondisi itu, ratusan CPNS OAP langsung melakukan orasi damai di depan kantor BKD Raja Ampat. 

"Dalam orasi tersebut mereka meminta agar pengumuman hasil tes CPNS segera diumumkan karena sesuai dengan keputusan bersama yang sudah disepakati pada tanggal 30 Juli 2020 yang menyatakan hasil tes akan dikeluarkan,"  tegas Yosepus Mamoribo salah seorang koordinator aksi

Mereka juga menagih janji pemerintah untuk 80 persen memprioritaskan OAP supaya bisa tembus tes CPNS. Melihat kondisi tersebut Sekda Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim, M.Si langsung tiba dikantor BKD. 

"Dalam tanggapannya sekda meminta untuk bersabar karena semua ini masih dalam proses, kalau asal-asalan diumumkan hasilnya lalu hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, wah bisa bahaya sekali." ujarnya.

Lanjutnya, pihaknya masih menunggu panggilan dari Gubernur untuk nantinya bersama Bupati/Walikota se-Provinsi Papua Barat guna membahas hal ini. 

"Untuk itu kami meminta kepada adik-adik agar bersabar sementara, jika hari ini ada informasi hari ini diumumkan," terangnya.

Sekda menyampaikan bilamana ada kesempatan untuk Pemerintah Daerah (Pemda), maka kami akan melobi ke Pemerintah Pusat bahwa kuota OAP harus 80 persen. Sembari menambahkan kalau kita paksakan hasilnya sekarang untuk diumumkan, pas keluar hasil tes hanya 70 persen. 

"Pastinya ade-ade tidak akan terima hal itu, maka itu ade-ade diharapkan bersabar hingga menunggu pemberitahuan lebih lanjut," imbuhnya.

Kemudian Sekda menambahkan, untuk hasil tes nantinya akan ditempel di depan kantor BKD atau melalui portal BKN, silakan ade-ade nanti lihat sendiri. Dan tidak perlu berbondong-bondong ke kantor BKD.

"Sementara itu untuk orasi damai dari ratusan CPNS formasi 2018 sendiri sudah sepenuhnya dikawal oleh Sat Polres Raja Ampat. Bahkan orasi damai berlangsung aman dan tertib hingga berakhirnya orasi tersebut," tambahnya. (Isak)



TAGS :

Komentar