Warinusi Minta Bawaslu Libatkan KPK dan PPATK Untuk Periksa Bapaslon

  • 01 September 2020 10:45 WITA
Yan Chrystian Warinusi Advokat dan Pembela Hak Asasi Manusia (HAM) di Tanah Papua
Males Baca?

MCWNEWS.COM, MANOKWARI - Sebagai Advokat dan Pembela Hak Asasi Manusia (HAM) di Tanah Papua, Yan Chrystian Warinusi, mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten dan kota di Papua Barat agar dapat melakukan upaya penelusuran dan penelitian terhadap para bakal pasangan calon (Bapaslon) kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan mendaftar melalui jalur partai politik (parpol).  

Yaitu dengan mengecek rekam jejak karier masing-masing Bapaslon.  

Terutama mengenai indikasi dan potensi keterlibatan tiap Bapaslon dalam dugaan kasus atau perkara tindak pidana korupsi. Selasa (1/9/2020).

Menurut Warinusi bisa dilakukan oleh KPU Kabupaten atau Kota dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan melibatkan Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK) dan Pusat Penelitian dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK). 

"Ini penting agar kita bisa memperoleh data figur calon pimpinan daerah yang bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Sehingga cita-cita Negara demokrasi untuk menjalankan ketatapemerintahan yang baik (good governance) serta terciptanya pemerintahan yang bersih (clean government) dapat tercipta di Indonesia dan Tanah Papua, khususnya di Papua Barat", tutur Yan. (Charles)



TAGS :

Komentar