Sidang Putusan Dugaan Pelanggaran Etik Ketua KPK Ditunda

  • 15 September 2020 10:25 WITA
Males Baca?

MCWNEWS.COM, JAKARTA - Sidang putusan dugaan pelanggaran etik Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri (FB) dan Ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo Harahap (YPH), yang rencananya digelar pada hari ini, ditunda. Sidang ditunda hingga Rabu, 23 September 2020.

"Sebagaimana telah diinformasikan melalui akun twitter @KPK_RI, rencana persidangan etik Dewan Pengawas KPK dengan terperiksa YP, Pegawai KPK dan FB, Ketua KPK ditunda dari jadwal Selasa, 15 September 2020 menjadi Rabu, 23 September 2020," kata Plt Juru Bicara bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryarti melalui pesan singkatnya, Selasa (15/9/2020).

Ipi menjelaskan alasan sidang putusan ditunda, karena Dewan Pengawas (Dewas) yang sedianya akan membacakan putusan terhadap dua terperiksa tersebut bakal di swab test terlebih dahulu. Sebab, terlacak salah satu anggota Dewas pernah berkomunikasi dengan pegawai KPK yang positif corona (Covid-19). 

"Penundaan agenda sidang ini dilakukan karena dibutuhkannya tindakan cepat penanganan dan pengendalian Covid-19 di lingkungan KPK, khususnya Dewan Pengawas KPK," beber Ipi.

"Dari hasil tracing internal ditemukan indikasi interaksi antara pegawai yang positif Covid-19 dengan Anggota Dewas KPK, sehingga pada hari Selasa akan dilakukan tes swab sejumlah pihak terkait," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Dewas berencana menggelar sidang putusan dugaan pelanggaran etik terhadap dua terperiksa yakni, Ketua KPK, Firli Bahuri dan Ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo Harahap, pada hari ini. Namun, rencana itu batal.

Putusan digelar setelah melalui sejumah proses persidangan. Adapun, terperiksa Yudi Purnomo Harahap bakal diputus atas dugaan penyebaran informasi tidak benar. Sedangkan terperiksa Firli Bahuri, bakal diputus atas dugaan penggunaan helikopter pada saat perjalanan pribadi dari Palembang ke Baturaja. (Ads)



TAGS :

Komentar