Tersangka Korupsi Proyek Ruang Terbuka Hijau di Bandung Segera Diadili

  • 27 Oktober 2020 18:10 WITA
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri
Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah merampungkan berkas penyidikan tersangka Dadang Suganda. Dadang Suganda merupakan makelar tanah tersangka kasus dugaan korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) terkait pengadaan lahan untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Pemkot Bandung Tahun 2012-2013.

KPK telah melimpahkan berkas penyidikan Dadang Suganda yang dinyatakan lengkap atau P21, ke tahap II atau tingkat penuntutan pada hari ini. Tak hanya berkas perkara, KPK juga menyerahkan tersangka Dadang ke tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk segera diadili.

"Hari ini (27/10/2020), penyidik KPK melaksanakan tahap II (penyerahan tersangka dan barang bukti) Dadang Suganda kepada JPU. Sebelumnya berkas perkara tersangka telah dinyatakan lengkap (P21)," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Selasa (27/10/2020).

Selanjutnya, kata Ali, penahanan terhadap Dadang Suganda menjadi kewenangan JPU selama 20 hari terhitung mulai 27 Oktober 2020 sampai 15 November 2020 di Rutan KPK Kavling C1. JPU punya waktu 14 hari masa kerja untuk menyusun surat dakwaan untuk Dadang.

"Dalam waktu 14 hari, JPU akan segera melimpahkan berkas perkaranya ke PN Tipikor. Persidangannya akan dilaksanakan di PN Tipikor Bandung," imbuhnya.

Selama proses penyidikan, penyidik telah memeriksa sebanyak 205 saksi yang diantaranya, Walikota Bandung, Oded Mohamad Danial; Dada Rosada; Edi Siswadi (mantan Sekda Kota Bandung); Pengawai Bank BJB; Pegawai BRI; Pegawai Bank Mandiri; Pegawai Bank Bukopin; dan Pegawai Bank BCA. (Ads)



TAGS :

Komentar