Upaya Tingkatkan Mutu Pendidikan, Bupati Biak Numfor Kunjungi DPPAD Papua

  • 05 November 2020 21:55 WITA
Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap berserta Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Biak Numfor di Kantor DPPAD Provinsi Papua, Rabu 4 November 2020. (Foto dok Humas DPPAD Papua)
Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAYAPURA – Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua, Christian Sohilait akan membentuk tim untuk menangani permasalahan pendidikan yang ada di Kabupaten Biak Numfor.

Hal ini disampaikan usai menerima kunjungan Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap berserta Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Biak Numfor di Kantor DPPAD Provinsi Papua, Rabu, (4/11/2020).

“Inti kunjungannya, mereka memberikan laporan terkini yang ada di Biak Numfor, baik pendidikan SD-SMA/SMK. Dari laporan itu ada beberapa sekolah yang kondisi fisikinya tak memungkinkan lagi untuk ditempati, karena sudah ada tahun 1990. Lalu ada sekolah yang jaraknya terlalu dekat, untuk itu perlu digabungkan,” jelas Christian. 

Selain persoalan itu, kata Chriatian, juga disampaikan persoalan guru, sebab di Kabupaten Biak ada 1.031 guru yang memasuki masa pensiun tahun 2020 ini. Sehingga ketika para guru itu pensiun dan tak ada lagi pengangkatan dari pemerintah provinsi dan kabupaten, maka Kabupaten Biak Numfor akan kekurangan guru, sehingga harus dicarikan solusi bersama. 

“Kemudian berkaitan dengan pendidikan jangka panjang, seperti SMA-SMK akan ada untuk apa kedepannya. Seperti SMK perikanan apakah nantinya akan dilakukan produksi ikan yang dikuasai anak-anak di Biak. Itu yang kami diskusikan,” jelas Christian. Kamis (5/11/2020)

Dari persoalan itu, kata Christian, DPPAD Papua memberikan beberapa masukan, seperti sarana dan prasarana, maka pemerintah provinsi akan berupaya membantu dengan tetap memperhatikan kewenangan pemerintah kabupaten dan juga pemerintah Provinsi Papua.

“Sedangkan untuk guru sendiri, selain dari CPNS yang sudah diangkat, kami juga akan melihat honorer jika memungkinkan untuk diangkat, kami angkat. Tapi jika tidak, maka sementara ini solusinya, pemerintah Kabupaten Biak Numfor harus mengontrak guru,” saran Christian.

Intinya, kata Christian, Bupati Biak Numfor menganggap pentingnya dunia pendidikan dasar dan menengah, itu sesuatu yang diperlukan karena jumlahnya banyak. “Karena itu, kami perlu jaga mereka dan memberikan suport. Ini sebagai bentuk kepedulian dengan banyaknya permasalahan yang ada,” tutupnya. (*)



TAGS :

Komentar