KPU Supiori Menunda Debat Publik, ini Tanggapan Beberapa Tim Koalisi Paslon

  • 01 Desember 2020 12:18 WITA
Males Baca?


MCWNEWS.COM. SUPIORI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Supiori melakukan penundaan pelaksanaan debat kandidat putaran kedua calon Bupati dan Wakil Bupati Supiori yang bertempat di gedung kesenian jalan korido raya, Senin (30/11/20) kemarin.

Penundaan ini disampaikan berdasarkan undangan Nomor 207/PL.02.4-SD/9119/KPU-Kab/XI/2020 tertanggal 30 November 2020 dengan perihal Pemberitahuan. Dalam isi surat disebutkan bahwa panelis penguji tidak bisa hadir dikarenakan tidak mendapat akses transportasi dari Jayapura ke Kabupaten Biak.

Maka KPU menyampaikan bahwa debat kandidat putaran kedua akan dilaksanakan pada, Rabu 2 Desember 2020 Mendatang pukul 16 :00

Hal ini menimbulkan tanggapan serta pro dan kontra dari masing masing dari lima tim koalisi paslon terkait pemberitaan  pembatalan ini dinilai akan menjadi dasar dalam mengambil sikap," tutur salah satu peserta selaku Ketua Tim Relawan pasangan calon nomor urut 2 Naomi-Piet (NAPI), Musa Rumkabu.

Musa menilai KPU tidak konsisten dalam melaksanakan tahapan kampanye debat kandidat pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Supiori Pasalnya, jadwal debat kandidat awal direncanakan pada tanggal (21/11) ditunda ke tanggal (28/11), lalu ditunda lagi ke tanggal (30/11) pukul 10:00 WIT. Bahkan, setelah itu waktu dimundurkan lagi pada pukul 16:00 WIT.

"Kemudian ditunda lagi ke tanggal 2 Desember. Hal ini menunjukkan bahwa KPUD Supiori tidak memiliki perencanaan jadwal kampanye yang jelas,” tutur Musa Rumkabu.

Dari pantauan MCWNEWS.COM, di tempat yang terpisah ditambahkan lagi oleh juru bicara pasangan calon nomor urut (4) Yan Dance Kabarek SE.MM. menuturkan bahwa Kami menilai KPU Kabupaten Supiori tidak konsisten dalam melaksanakan tahapan Kampanye Debat Kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Supiori.  

Sebagai koalisi, relawan dan LO kami semua kecewa dengan model kerja komisioner KPU, ini perbuatan melanggar hukum tegas Yan,  dan juga beberapa tim koalisi, relawan dan LO lainnya  yang hadir petang kemarin di gedung kesenian Kabupaten Supiori yang digunakan KPU untuk pelaksanaan debat kandidat. (Selasa 1/12 2020)

Para peserta, tim Koalisi, relawan dan LO dari masing masing kelima paslon Bupati dan Wakil Bupati serta tamu undangan yang menyempatkan hadir guna menyelesaikan permasalahan tertundanya pelaksanaan debat kandidat tersebut.

Dari pantauan timmcwnews.com. masing masing peserta tim koalisi relawan dan LO debat publik, mempertanyakan Profesionalisme dan Konsistensi Komisioner KPU Supiori terhadap jadwal kampanye serta jadwal pelaksanaan debat kandidat yang telah terjadwalkan sesuai Schedule.

Setelah penyampaian para tim koalisi masing masing paslon debat kandidat, KPU meminta waktu  merehat sejenak kurang lebih satu jam guna mencari solusi terbaik untuk menawarkan kepada stakeholders  koalisi dan relawan serta LO guna untuk memutuskan bersama waktu pelaksanaannya   debat publik.

Kemudian para peserta masing masing koalisi relawan dan LO debat publik bersama komisioner KPU Supiori menyepakati bersama pelaksanaan debat kandidat pada hari ini selasa 1 Desember 2020  pukul 19:00 WIT bertempat di Gedung Kesenian Kabupaten Supiori Provinsi Papua. 

Turut hadir dalam pelaksanaan debat kandidat tersebut, Kapolres Supiori AKBP I Made Budi Darma, Wakapolres Supiori Kompol Aswani, Kabag Ops AKP Tedi Setepu dan Personil Pengamanan Pemilukada serta Ketua Bawaslu Supiori. (charles)



TAGS :

Komentar