KPK Geledah Kantor Wali Kota Batu, Cari Bukti Dugaan Gratifikasi

  • 08 Januari 2021 21:25 WITA
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri

Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor Wali Kota Batu, Malang, Jawa Timur, pada hari ini. Tak hanya itu, penyidik juga menggeledah kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Batu.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, penggeledahan di dua lokasi tersebut berkaitan dengan penyidikan dugaan gratifikasi di Pemerintah Kota Batu tahun 2011- 2017. Tim sedang mencari bukti tambahan terkait penyidikan dugaan gratifikasi di Pemerintah Kota Batu.

"KPK kembali melanjutkan kegiatan penggeledahan di dua lokasi yaitu di kantor Wali Kota Batu dan kantor Bappeda Kota Batu," ujar Ali Fikri melalui keterangan resminya, Jumat (8/1/2021).

Ali menambahkan, penggeledahan di kantor Wali Kota Batu dan kantor Bappeda Kota Batu tersebut masih berlangsung hingga Jumat sore. Oleh karenanya, belum diketahui apa saja yang diamankan dalam penggeledahan tersebut.

"Perkembangan mengenai hasil geledah akan kami sampaikan lebih lanjut," kata Ali.

Sekadar informasi, penyidik KPK melakukan serangkaian penggeledahan serta memeriksa sejumlah saksi untuk mengumpulkan bukti tambahan terkait perkara ini, dalam beberapa hari kemarin. Penggeledahan ataupun pemeriksaan dilakukan sejak 5 Januari hingga hari ini. 

Pada Selasa, 5 Januari, penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap dua orang saksi atas nama Moh Zaini selaku pemilik PT Gunadharma Anugerah, dan Kristiawan yang merupakan mantan pengurus rumah tangga mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko.

Kemudian, Rabu, 6 Januari 2021, penyidik mengamankan sejumlah dokumen proyek pekerjaan dan perizinan tempat wisata pada Dinas Pariwisata Kota Batu tahun 2011-2017. Dokumen-dokumen tersebut ditemukan penyidik saat menggeledah sejumlah kantor dinas di lingkungan Pemkot Batu.

(ads)



TAGS :

Komentar