KPK : 6 Tahanan yang Dirawat di RSD Wisma Atlet Sembuh Covid-19

  • 20 Januari 2021 00:15 WITA
Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri menginformasikan bahwa enam tahanan yang dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, telah sembuh atau dinyatakan negatif virus corona (Covid-19). Saat ini, keenam tahanan itu telah kembali ke Rumah Tahanan (Rutan) KPK.

"Hari ini, Selasa (19/01/2021) telah ada enam orang tahanan KPK yang hasil tes swabnya telah dinyatakan negatif Covid-19, sehingga dikembalikan ke Rutan KPK cabang Gedung Merah Putih untuk menjalani masa penahanan lanjutan," kata Ali melalui pesan singkatnya.

Sebelumnya, diinformasikan ada 19 tahanan KPK yang dibantarkan penahanannya ke RSD Wisma Atlet Kemayoran. Ke-19 tahanan itu dibantarkan karena hasil swab test PCRnya dinyatakan positif Covid-19. Saat ini, tersisa 13 tahanan yang masih dirawat di RSD Wisma Atlet.

Kendati demikian, jumlah tahanan yang dirawat tersebut kembali bertambah satu orang pada hari ini. Berdasarkan, hasil swab pcr yang dilakukan pada Senin, 18 Januari 2021 terhadap sisa tahanan yang berada di rutan KPK cabang merah putih, ada 1 orang yang siang ini dipindahkan ke Wisma Atlet untuk menjalani perawatan dan isolasi mandiri karena terkonfirmasi positif Covid 19. 

"KPK terus berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 dilingkungan KPK dengan secara berkala melakukan penyemprotan desinfektan, penerapan protokol kesehatan yang ketat bagi seluruh pihak yang beraktifitas didalam lingkungan KPK serta rutin pemeriksaan uji Swab Antigen sesuai kebutuhan," ucap Ali.

Beberapa upaya pencegahan penularan wabah Covid-19 di lingkungan Rutan KPK telah dilakukan antara lain sebagai berikut :

1. Kunjungan penasihat hukum maupun keluarga tahanan tetap melalui online yang telah dipersiapkan sesuai jadwal kunjungan

2. Menambah waktu olahraga bagi para tahanan

3. Memberikan toolkit anticovid-19 kepada seluruh tahanan

4. Melakukan test swab secara berkala baik para tahanan, petugas rutan dan pengawal tahanan

5. Penyemprotan disinfectan secara berkala di seluruh ruangan rutan.

(ads)



TAGS :

Komentar