Disebut Ketergantungan Natkotika, Bule Australia Dihukum Jalani Rehabilitasi di RSJ

  • 21 Januari 2021 18:20 WITA
Males Baca?


MCWNEWS.COM, DENPASAR - Bule Australia bernama Aaron Wayne Coyle yang ditangkap karena memiliki narkorika jenis sabu sebarat 1,45 gram bruto akhirnya bisa bernafas lega.

Sebab, pada sidang, Kamis (21/1/2021) Aaron Wayne Coyle yang mengaku mengidap bipolar itu oleh majelis hakim tidak dijatuhi hukuman penjara, tatapi diperintahkan untuk menjalani rehabilitasi medis selama 10 bulan di RSJ Bangli. 

Dalam amar putusannya majelis hakim pimpinan IGN Putra Atmaja menyatakan sependapat dengan Jaksa Penuntut  Umum (JPU) yaitu menyatakan terdakwa terbukti sebagai penyalahguna narkotika. 

Pebuatan terdakwa sebagaimana dimaksud dalak Pasal 127 ayat (1) huruf a UU Natkotika, yaitu melakukan tindak pidana narkorika sebagai penyalahguna bagi dirinya sendiri.

Namun hukuman penjara yang dijatuhkan majelis hakim terhadap terdakwa bebeda jauh dengan hukuman yang dimohonkan JPU Dewa Ayu Wahyuni Mesi. 

Sebelumnya jaksa Kejaksaan Tinggi Bali itu menuntut agar terdakwa dijatuhi hukuman 1 tahun dan 6 bulan (1.5 tahun) penjara. Sementara hakim menjatugkan vonis 10 bulan menjelani rehabilitasi di RSJ Bangli. 

"Mejalani rehabitasi selama 10 bulan dianggap sebagai hukuman bagi terdakwa," tegas hakim dalam amar putusnnya yang dibacakan di muka sidang yang digelar sebara virtual itu. 

Atas tuntutan itu, terdakwa langsung menyatakan menerima. Sedangkan JPU masih menyatakan pikir-pikir."Kami pikir-pikir yang mulia," kata jaksa. 

Sementara dalam  berkas acara diungkap, terdakwa yang bekerja sebagai manager pariwisata ditangkap oleh Tim Opsnal Satresnarkoba Polresta Denpasar di halaman depan rumah kos Strobery Garden, Jalan Dewi Sri VIII No.17, Banjar Legian Kelod, Legian, Kuta, Badung, Rabu, 2 September 2020 sekitar pukul 00.45 Wita.

Ditangkapnya Aron Wayne berawal dari informasi yang diperoleh pihak kepolisian.

Disebutkan bahwa di Jalan Dewi Sri kerap terjadi tindak pidana narkotik. Berbekal informasi itu, petugas kepolisian melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan tersangka di halaman rumah kos tersebut. 

Kemudian dilakukan penggeledahan badan, pakaian serta barang bawaan terdakwa.

Hasilnya ditemukan 1 paket plastik klip berisi kristal bening diduga sabu dengan berat 1,45 gram brutto atau 1,23 gram netto.

(eli)



TAGS :

Komentar