Warga Tabi Dan Seireri Gruduk Tempat Rapat MRP

  • 19 Februari 2021 19:35 WITA

Males Baca?


MCWNEWS.COM, SENTANI- Puluhan warga masyarakat perwakilan wilayah adat Tabi dan Seireri siang tadi menggelar aksi unjuk rasa di depan Lobi Hotel Sunni Leke Garden Sentani Kabupaten Jayapura, Jumat (19/2/2021).

Alsi demo yang dikoordinatori Ondofolo Doyo Lama Sentani, Baskuliboi ini menuntut kepada Majelis Rakyat Papua (MRP) yang sementara menggelar pertemuan di hotel ini mau mendengar aspirasi mereka mewakili masyarakat adat Tabi dan Seireri.

Dalam orasinya, Ondofolo Baskuliboi meminta MRP memgakomodir aspirasi mereka dan tidak mendengar sepihak soal keberlangsungan Otsus.

"MRP sebagai lembaga kultural harus mendengar aspirasi semua rakyat, jangan hanya sepihak atau dengar masyarakat tertentu saja. Kami ingin Otsus dilanjutkan,"kata Onfofolo yang juga disambut teriakan masa aksi.

Ondofolo juga menekankan pentingnya dilakukan pemeriksaan menyeluruh pada pelaksanaan Otsus tahap awal. Oknum yang melakukan penyelewengan harus ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku.

"Otsus ini dikorupsi oleh elite-elite politik dan jumlahnya trilyunan. Maka harus diaudit dan tegakkan hukum yang berlaku,"tegasnya.

Dikatan, untuk Otsus tahap selanjutnya, kiranya melalukan revisi. Revisi meliputi telnis penyaluran dana Otsus tersebut.

"Ini dana Otsus Trilyunan ke Papua dan Papua Barat, nah kalau nantinya penyaluran masih begini, maka yang akan menikmati ya kelompok tertentu saja, sementa warga pedalaman kita tidak menerim apa-apa. Oleh karena itu,baiknya dana Otsus dibuat seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang disalurkan pemerintah pusat,"katanya.

Jadi menggunakan data BPS itu, maka dana Otsus disalurkan sekian persen ke masyarakat langsung, supaya rakyat ini rasa, dan berapa persen lainnya untuk infrastruktur, pendidikan dan kesehatan,"ucapnya.

Selain itu, dalam melakukan RDPU dan RDPW MRP jangan mementingkan diri sendiri Otsus ada untuk rakyat.

“Kasihan kami orang susah dana Otsus ada dimana? tolong kami, Kami
menolak kegiatan MRP di wilayah Kabupaten Jayapura," tegasnya.

(dy)



TAGS :

Komentar