Tiba di KPK Pasca-OTT, Nurdin Abdullah Diperiksa Intensif

  • 27 Februari 2021 14:55 WITA
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah (Kiri)
Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah telah tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, sekira pukul 09.45 WIB.

Politikus PDI-Perjuangan itu turut diamankan dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang digelar sejak Jumat malam hingga Sabtu dini hari, 26-27 Februari 2021, di daerah Sulsel.

Baca juga: OTT di Sulsel, KPK Tangkap Gubernur Nurdin Abdullah

Setibanya di KPK, Nurdin tampak bermasker, mengenakan topi biru, celana jeans panjang serta jaket berwarna hitam. Nurdin tak banyak bicara saat dibawa masuk oleh petugas ke Gedung KPK. Nurdin kaget. Sebab, ia dijemput oleh petugas ketika sedang tidur. 

"Saya lagi tidur, dijemput," singkat Nurdin di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Sabtu (27/2/2021)

Tak hanya Nurdin, ada sejumlah pihak lainnya yang juga turut diamankan dalam operasi senyap ini. Mereka juga telah digelandang ke markas antirasuah. Saat ini, Nurdin dan sejumlah pihak yang diamankan masih diperiksa secara intensif.

"Pihak-pihak yang diamankan telah  sampai Jakarta, dan sekitar jam 09.45 WIB tiba di Gedung Merah Putih KPK. Ada enam orang terdiri dari kepala daerah, pejabat di lingkungan pemprov sulsel dan pihak swasta," beber Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, melalui pesan singkatnya.

Selain enam orang, tim penindakan KPK juga turut mengamankan uang yang dikabarkan sejumlah Rp1 miliar dalam 1 koper. KPK masih belum mengungkap dengan terang jumlah uang yang diamankan.

Ali mengatakan, pihaknya akan menjelaskan secara detail ihwal kronologis OTT, pihak-pihak yang diamankan, serta konstruksi perkaranya, setelah rampung melakukan pemeriksaan.

Baca juga: Polres Raja Ampat Didesak Tuntaskan Sejumlah Kasus Dugaan Korupsi

KPK punya waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan. Rencananya, KPK akan mengumumkan status hukum maupun kronologis OTT Nurdin Abdullah pada saat konpers nanti.

"Tim KPK akan segera melakukan permintaan keterangan terhadap pihak-pihak dimaksud dan dalam waktu 1x24 jam KPK akan segera menentukan sikap. Perkembangannya akan kami informasikan lebih lanjut," pungkasnya.

(ads)



TAGS :

Komentar