Presiden Pastikan PON XX Papua Tak Lagi Ditunda, Tetap Digelar 2021

  • 15 Maret 2021 16:30 WITA
Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI yang akan diselenggarakan di Provinsi Papua. 

Melalui rapat terbatas yang dihadiri Gubernur Papua Lukas Enembe di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (15/3)2021), Presiden Jokowi memberi arahan bahwa PON XX tetap akan dilaksanakan pada Oktober tahun 2021 ini di Papua.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, Gubernur Papua dalam rapat dengan Presiden telah menyampaikan segala kesiapan sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON XX.

Baca juga: Ada Tersangka Baru, Berkas Oknum Polisi Diduga Peras Cewek Michat Masih di Kejaksaan

Atas kesiapan itu, Presiden Jokowi kemudian memerintahkan agar tidak lagi ada penundaan, mengingat PON telah ditunda pada Oktober 2020 di tengah situasi kedaruratan nasional akibat pandemi.

"Pak Gubernur Lukas Enembe menyampaikan bahwa prinsipnya semua sudah siap. Maka pelaksanaan PON XX itu pada tanggal 2 sampai 15 Oktober 2021," jelasnya dalam siaran pers yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Senin.

Menpora Zainudin mengemukakan, teknis pelaksanaan PON akan disesuaikan dengan situasi pandemi. Ada beberapa opsi direncanakan, antara lain dilaksanakan tanpa penonton, penonton terbatas, dan dalam kapasitas normal.

Baca juga: Ketua KPK : Esensi Nyepi untuk Mengendalikan Diri dari Ketamakan dan Korupsi

"Kita belajar dari Olimpiade Tokyo yang nanti akan dilaksanakan beberapa bulan ke depan. Kita akan lihat di situ penerapannya seperti apa. Tapi protokol kesehatan itu menjadi penting dan harus dilakukan dengan disiplin," katanya.

Berkaitan dengan itu, pemerintah akan mempercepat proses vaksinasi. Sesuai arahan Presiden, seluruh kontingen akan divaksin baik atlet, pelatih, ofisial, maupun tenaga pendukung.

"Bahkan Bapak Presiden mengarahkan masyarakat di sekitar venue itu harus divaksin untuk memastikan bahwa pada saat bulan Oktober nanti mereka sudah tervaksin semuanya," tutur Menpora.

Baca juga: FLAJK Layangkan Surat ke Menteri PUPR Minta Pelaku Jasa Konstruksi Divaksin

Melihat perjalanan vaksinasi yang telah dimulai sejak 13 Januari 2021, Menpora optimis program vaksinasi bagi seluruh peserta PON dan Peparnas tersebut akan berlangsung dengan lancar.

"Kalau dilihat dari perjalanan vaksinasi saat ini, saya juga optimis bahwa nanti pada saatnya itu sudah tervaksin semuanya," kata dia.

(Sev)



TAGS :

Komentar