Polbit Kemenhub Ciptakan SDM Berkualitas di Bidang Transportasi Laut

  • 22 April 2021 16:35 WITA
Direktur Poltekpel Sorong, Capt. Wisnu Risianto, M,M.
Males Baca?


MCWNEWS.COM, SORONG - Salah satu agenda Presiden Jokowi adalah ingin menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Apalagi pembangunan Infrastruktur di bidang Maritim ini adalah untuk mendukung agenda tersebut. 

Karena dari agenda ini nanti akan dirasakan mampu mencetak SDM transportasi yang berkualitas, sebab Kementerian Perhubungan dalam hal ini Badan Pengembangan SDM Perhubungan juga membuat suatu terobosan untuk merekrut SDM di bidang transportasi khususnya transportasi laut untuk dijadikan Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Sekolah Tinggi Kedinasan dibawah Kemenhub.

Program ini disebut dengan Pola Pembibitan (POLBIT), dimana putra dan putri terbaik bangsa menjadi sasaran program ikatan dinas ini.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh program POLBIT di Sekolah Tinggi Kedinasan di bawah Kemenhub yaitu lulusan disiapkan menjadi ASN di bidang transportasi laut yang profesional, kompeten dan berkarakter dengan biaya yang dikeluarkan sedikit dan/atau gratis, prospek kerja terjamin/anti pengangguran, pembelajaran lebih fokus dalam hal praktek di lapangan atau dunia kerja (practical skills) daripada pembelajaran teori.

Selanjutnya, untuk mendukung peran Badan Pengembangan SDM Perhubungan untuk memajukan daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) melalui program pengembangan SDM, maka pada kegiatan seleksi penerimaan calon taruna/taruni (Sipencatar) Kemenhub pola pembibitan tahun 2021 ini juga membuka jalur afirmasi untuk putra-putri daerah Papua-Papua Barat diantaranya pada pilihan program-program studi yang dilaksanakan di Politeknik Pelayaran Sorong (Poltekpel Sorong).

Sehingga menambah peluang putra-putri terbaik asli Papua-Papua Barat untuk berkiprah sebagai calon ASN Kementerian Perhubungan yang profesional, kompeten dan berkarakter.

Berdasarkan Surat Menteri Perhubungan kepada Menteri PANRB Nomor: KP.101/1/5 Phb 2021 tanggal 10 maret 2021, pada prinsipnya Menteri PANRB menyetujui kebutuhan CPNS Tahun Anggaran 2021 dari taruna/taruni jalur POLBIT pada 21 (dua puluh satu) Sekolah Tinggi Kedinasan di Lingkungan Kementerian Perhubungan. 

Sehubungan dengan persetujuan tersebut, Politeknik Pelayaran Sorong membuka peluang kepada putra-putri terbaik Papua-Papua Barat untuk mengikuti seleksi penerimaan calon taruna-taruni melalui program POLBIT Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan.

Capt. Wisnu Risianto, M,M. selaku Direktur Poltekpel Sorong menyampaikan agar putra-putri Papua-Papua Barat untuk ikut dalam program ini, sehingga mempunyai kesempatan untuk menjadi ASN di Kementerian Perhubungan dengan kompetensi dasar sebagai pelaut dan tenaga ahli kepelabuhanan. 

Selain mempunyai kesempatan sebagai ASN, diharapkan lulusan program ini memiliki kesempatan bersaing dalam dunia pelayaran dengan mencari pengalaman berlayar dan/atau bekerja di perusahaan pelayaran nasional dan internasional.

Sehingga dapat meningkatkan kompetensi sebagai pelaut dan tenaga ahli kepelabuhanan serta mampu meningkatan perekonomiannya secara tidak langsung. 

"Intinya adalah saya ingin menjadikan putra-putri terbaik Papua-Papua Barat untuk menjadi ASN yang mempunyai kompetensi sebagai pelaut dan tenaga ahli kepelabuhanan yang handal”, tegas Direktur Poltepel Sorong.

Poltekpel Sorong membuka 3 (tiga) Program Studi (Prodi) untuk program POLBIT ini, yaitu Diploma III (D-III) Prodi Studi Nautika, D-III Prodi Permisanan Kapal dan D-III Manajemen Transportasi Laut. 

Adapun syarat secara umum untuk program ini yaitu berusia maksimal 23 tahun, tidak bertato/memiliki bekas tato, dan tidak bertindik telinga / memiliki bekas tindik telinga, tinggi badan minimal Pria 160 cm dan Wanita 155 cm, berijazah minimal, program Studi (prodi) Nautika : SMA/MA IPA sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Nautika Kapal Niaga, SMK Pelayaran Kapal Penangkap Ikan Jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan.

Selanjutnya Prodi Permesinan Kapal : SMA/MA IPA sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Teknika Kapal Niaga, Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika (Kecuali Teknik Audio Vidio), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Perkapalan

Prodi Manajemen Transportasi Laut : SMA/MA (IPA dan IPS) sederajat, SMK Bidang Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan, surat Keterangan Catatan Kepolisian, Kelakuan Baik (SKCK), surat Keterangan Bebas Narkoba dan HIV/AIDS, surat Keterangan Belum Pernah Menikah dari Kelurahan atau Catatan Sipil setempat, dan bagi calon pendaftar yang mengikuti jalur afirmasi Orang Asli Papua (OAP) menyertakan surat keterangan sebagai OAP.

Jenis – jenis seleksi meliputi pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, tes kesehatan, kesamptaan dan wawancara. 

Untuk biaya seleksi dibebankan kepada calon peserta program POLBIT sesuai dengan tarif Badan Layanan Umum (BLU) Poltekpel Sorong yang mengacu pada Peraturan Perundang - undangan.

Program POLBIT merupakan program ikatan dinas dimana biaya pendidikan menjadi beban Kementerian Perhubungan - Poltekpel Sorong atau tidak ditanggung oleh peserta, alias gratis. Dalam hal ini Poltekpel Sorong menggunakan anggaran APBN yang meliputi rupiah murni. 

Namun, peserta program ini diwajibkan untuk membayar biaya permakanan dan laundry selama pendidikan sesuai dengan tarif Badan Layanan Umum (BLU) Poltekpel Sorong yang mengacu pada Peraturan Perundang - undangan.

Calon pelamar dapat mempersiapkan diri dan mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk mendaftar seleksi program pola pembibitan tahun 2021 mulai dari sekarang. Kesempatan hanya datang satu kali, oleh karena itu manfaatkanlah sebaik-baiknya.
 
POLITEKNIK PELAYARAN SORONG
Jl.Tanjung No.1, Saoka, Sorong Bar., Kota Sorong, Papua Bar.

FB : Politeknik Pelayaran Sorong / IG : Poltekpel Sorong / YTB : Poltekpel Sorong TV 

CP : 0811 444 0838



TAGS :

Komentar