KPK Didesak Usut Keterlibatan Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin

  • 23 April 2021 13:20 WITA
Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW) Neta S Pane (Foto: instagram)
Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak untuk mengusut keterlibatan Wakil Ketua DPR asal Golkar, Aziz Syamsuddin, dalam kasus dugaan suap yang melibatkan oknum penyidik lembaga antirasuah asal Polri. KPK diminta untuk segera memeriksa Aziz Syamsuddin karena diduga terlibat dalam praktik suap tersebut.

Demikian diungkapkan Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW) Neta S Pane menanggapi kasus dugaan suap Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial terhadap penyidik KPK asal Polri, AKP Stepanus Robin Pattuju. Aziz Syamsuddin diduga terlibat karena menjadi fasilitator pertemuan antara Stepanus Pattuju dengan Syahrial.

Baca juga: Penyidik KPK dari Polri Ditetapkan Tersangka Penerima Suap Walkot Tanjungbalai

"Diharapkan KPK segera mendalami dan segera memeriksa Azis Syamsuddin. Jangan seperti kasus Ketua Komisi III DPR Herman Heri yang mendadak hilang dari dalam BAP kasus korupsi Bansos yang melibatkan Menteri Sosial. Padahal dalam BAP yang dibacakan jaksa di sidang Tipikor nama Herman Heri disebut sebut diduga terlibat," kata Neta S Pane melalui keterangan resminya, Jumat (23/4/2021).

Lebih lanjut, IPW juga mengapresiasi gerak cepat Ketua KPK Komjen Firli Bahuri yang sudah membongkar secara detail kasus pemerasan yang dilakukan oknum penyidik KPK terhadap Wali Kota Tanjungbalai. Terlebih, soal adanya keterlibatan Aziz Syamsuddin.

Baca juga: 2,5 Juta Peserta Kartu Prakerja 2021 Sudah Terima Intensif

"IPW acung jempol pada Firli terutama sudah mengungkapkan dugaan keterlibatan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin di balik kasus pemerasan tersebut," ungkap Neta. 

Menurutnya, Sikap Firli yang 'zero tolerance' terhadap penyimpangan di KPK patut didukung. Untuk itu, kata Neta, Firli harus mengusut tuntas semua pihak yang terlibat dalam kasus pemerasan Wali Kota Tanjungbalai itu.

Baca juga: Proyek Bansos Corona, Mantan Mensos Juliari Didakwa Terima Suap Rp32 Miliar

Dalam hal ini kredibilitas Firli diuji, mampukah dia menyeret Azis Syamsuddin ke pengadilan Tipikor, dengan tuduhan turut serta dalam kasus pemerasan dan gratifikasi yang melibatkan penyidik KPK.

"Bagaimana pun langkah cepat Firli ini patut diapresiasi dan publik menunggu keberanian Firli untuk memeriksa dan menahan Azis Syamsuddin serta membawanya ke pengadilan Tipikor," pungkasnya.

(ads)



TAGS :

Komentar