Prof Gde Antara Unggul Telak Pada Penyaringan Calon Rektor Unud

  • 27 April 2021 01:05 WITA
Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M. Eng
Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, BADUNG  - Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M. Eng , unggul telak dari Bakal Calon lainnya dalam penyaringan Calon Rektor Universitas Udayana (Unud) Bali. Prof Gde Antara mendapatkan perolahan suara tertinggi yakni, 59 suara dari 79 anggota senat pemilik sah suara. Dengan demikian, 80 persen suara sudah dikantongi oleh Prof Gde Antara.

Proses penyaringan Calon Rektor Unud periode 2021-2025 tersebut bertempat di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran dengan menerapkan protokol kesehatan, pada Senin (26/4/2021). Senat Universitas Udayana menggelar sidang tertutup dalam rangka penyaringan Calon Rektor tersebut.

Baca juga: Bahas Kampus Indonesia Masuk Rangking Dunia, Sejumlah Pakar Tampil dalam Webinar P3S

Rapat Senat dibuka langsung oleh Ketua Senat Unud Prof. Dewa Ngurah Suprapta. Sementara itu, Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi, serta Para Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Pimpinan Fakultas dan Pascasarjana hadir selaku anggota Senat Unud. 

Sebelumnya, telah dilaksanakan proses penyaringan Bakal Calon Rektor. Di mana, terdapat lima Bakal Calon yang telah ditetapkan dan sudah melaksanakan sosialisasi Visi Misi kepada Civitas Akademika Universitas Udayana.

Adapun, kelima Bakal Calon Rektor yang mengikuti proses penyaringan sesuai dengan nomor urut yakni, nomor urut (1) Dr. dr. Bagus Komang Satriyasa, M.Repro dari Fakultas Kedokteran; (2) Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, M.Si dari Fakultas Kedokteran Hewan.

Kemudian, nomor urut (3) Dr. I Wayan Budiasa, SP.,MP dari Fakultas Pertanian; (4) Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng dari Fakultas Teknik; dan (5) Prof. Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B., Sp.OT(K) dari Fakultas Kedokteran.

Kelima Bakal Calon Rektor ini pada proses penyaringan akan disaring dan ditetapkan menjadi tiga Calon Rektor. Di mana, dalam proses penyaringan ini terdapat 79 anggota senat yang memiliki hak suara.

Pada proses penyaringan ini, anggota senat memberikan suara dengan mencoblos kertas suara sesuai dengan calon yang akan dipilih. Sebelum pemungutan suara, masing-masing Bakal Calon Rektor diberikan kesempatan untuk memaparkan Visi Misi dan Program Kerja kepada para anggota Senat.

Baca juga: Ipung Raih Penghargaan Kartini Award dari IPEMI Bali

Ketua Senat Prof. Dewa Ngurah Suprapta menyampaikan bahwa sesuai ketentuan untuk proses penyaringan minimal dihadiri oleh 75 persen dari seluruh anggota Senat. Melihat jumlah Senat yang hadir adalah semuanya, sehingga rapat dinyatakan korum. 

Agenda penyaringan Calon Rektor ini terdiri dari penjelasan teknis dari panitia, pemaparan visi misi, pemungutan suara, penandatanganan berita acara dan pengundian nomor urut. Hasil proses penyaringan beserta berkas kelengkapannya ini akan disampaikan kepada Menteri.

Sementara Ketua Panitia Pemilihan Rektor tahun 2021-2025 Prof. I Gede Mahardika menyampaikan bahwa proses pemilihan ada tiga tahap yakni penjaringan, penyaringan, dan pemilihan. Pada proses penjaringan terdapat lima bakal calon, kemudian dalam proses penyaringan disaring dari lima menjadi tiga.

Di mana, para anggota Senat memberikan suara untuk memilih tiga besar. Pemilihan Rektor Unud akan digelar pada tanggal 6 Juli 2021 mendatang. Pemilihan dilakukan oleh Senat bersama Menteri sementara pada proses penyaringan pemilihan hanya oleh anggota Senat.

Suara Menteri adalah 35 persen dari total suara. Jumlah suara Menteri sekitar 43 jika semua anggota Senat hadir.

Pada proses penyaringan, perolehan suara bakal calon nomor urut (4) alias Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara memperoleh 59 suara. Kemudian, Bakal calon nomor urut (5) atau Prof. Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B., Sp.OT, memperoleh 20 suara. Sedangkan bakal calon nomor urut (3) Dr. I Wayan Budiasa, SP.,MP memperoleh suara nol.

Karena terdapat tiga bakal calon yang memperoleh suara nol, sehingga dilakukan pemilihan ulang untuk tiga bakal calon dan yang memperoleh suara tertinggi adalah nomor urut (3) atau Dr. I Wayan Budiasa, SP.,MP.

Baca juga: Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Panjat Doa untuk 53 Awak Kapal KRI Nanggala 402

Setelah proses penyaringan ini, ditetapkan tiga Calon Rektor Unud berdasarkan perolehan suara tertinggi yakni Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng. Kemudian, Prof. Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B., Sp.OT(K), serta Dr. I Wayan Budiasa, SP.,MP. 

Berdasarkan hasil pengundian nomor urut, Calon Rektor Nomor Urut (1) Prof. Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B., Sp.OT(K) dari Fakultas Kedokteran, Calon Rektor Nomor Urut (2) Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng dari Fakultas Teknik dan Calon Rektor Nomor Urut (3) Dr. I Wayan Budiasa, SP.,MP dari Fakultas Pertanian.

(red)



TAGS :

Komentar