Pimpinan KPK Lili Pintauli Klarifikasi Soal Tudingan Bantu Tersangka Korupsi

  • 30 April 2021 18:35 WITA
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar
Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar angkat bicara soal adanya isu yang menyebut dirinya menjalin komunikasi dengan tersangka Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial (MS). Lili membantah isu liar yang menyebut dirinya pernah komunikasi membahas penanganan perkara dengan Syahrial.

Syahril merupakan tersangka penyuap penyidik KPK asal Polri, AKP Stepanus Robin Pattuju (SRP). Politikus Golkar tersebut diduga telah menyuap Stepanus Robin dan seorang pengacara Maskur Husain sebesar Rp1,3 miliar untuk menghentikan penyelidikan kasus dugaan korupsi di Tanjungbalai.

Baca juga: Pimpinan DPR Azis Syamsuddin Dilarang Pergi ke Luar Negeri terkait Kasus Suap Penyidik KPK

"Saya tegaskan bahwa saya tidak pernah menjalin komunikasi dengan tersangka MS terkait penanganan perkara yang bersangkutan, apalagi untuk membantunya dalam perkara yang sedang ditangani KPK," tegas Lili saat menggelar konpers di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (30/4/2021).

Lili mengaku menyadari bahwa sebagai insan KPK, dirinya terikat dengan kode etik dan peraturan di lembaga antirasuah yang melarang untuk berhubungan dengan pihak berperkara. Namun demikian, sebagai pimpinan KPK yang ditugaskan di bidang pencegahan, dirinya tak bisa menghindari untuk berkomunikasi dengan kepala daerah.

"Komunikasi yang terjalin tentu saja terkait dengan tugas KPK dalam melakukan pencegahan supaya tidak terjadi tindak pidana korupsi," bebernya.

Tak hanya itu, Lili juga menjelaskan bahwa posisinya sebagai pejabat publik sebelum bergabung di KPK, membuat dia memiliki jaringan yang cukup luas. Hubungan silaturahmi tersebut, diakui Lili, tetap terjalin namun dalam batasan-batasan yang ditentukan oleh aturan.

"Dalam komunikasi saya dengan siapapun, khususnya pejabat publik selalu saya ingatkan untuk selalu bekerja dengan baik dan menghindari korupsi. Saya selalu menjaga selektifitas berkomunikasi untuk menjaga harkat dan martabat diri saya sebagai insan KPK maupun muruah lembaga KPK," ungkapnya.

Baca juga: KPK Kembali Jerat Eks Bupati Talaud Sri Wahyumi, Kali Ini Tersangka Gratifikasi

Lili memastikan bahwa KPK akan tegas memproses perkara dugaan tindak pidana yang dilakukan oleh tersangka M Syahrial serta juga perkara lainnya jika ada yang melibatkan penyidik Stepanus Robin Pattuju. Termasuk, sambungnya, soal pelanggaran etik Stepanus Robin Pattuju yang sedang diproses Dewan Pengawas (Dewas).

"Penanganan perkara di KPK dilakukan secara profesional yang didasarkan pada kecukupan alat bukti. Jika ada pihak-pihak yang mencoba mengintervensi, sebagaimana telah kami buktikan maka kami akan proses dengan tegas," pungkasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial (MS) disebut-sebut juga turut berupaya menghubungi salah satu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pimpinan KPK yang diduga dihubungi oleh Syahrial, disebut-sebut adalah Lili Pintauli Siregar. 

Demikian diungkapkan Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman. Boyamin mengaku mendapatkan informasi adanya upaya M Syahrial mencoba menjalin komunikasi dengan pimpinan KPK Lili Pintauli Siregar.

Baca juga: KPK Sita Dokumen Perbankan Usai Geledah Kantor dan Rumah Tersangka Suap Walkot Tanjungbalai

"Saya mendengarnya begitu, bahwa Wali Kota Tanjung Balai berusaha menjalin komunikasi dengan bu Lili. Tapi apakah Bu Lili menanggapi atau menindaklanjuti seperti apa, saya belum ada informasi. Tapi setidaknya wali kota punya nomornya bu Lili," kata Boyamin saat dikonfirmasi, Senin (26/4/2021).

(ads)



TAGS :

Komentar