Pemerintah Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Ruang Digital saat Pandemi Covid-19

  • 20 Mei 2021 09:40 WITA

Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Asisten Deputi Pengembangan Kawasan dan Rantai Pasok KemenkopUKM, Ari Anindya Hartika mengungkap beberapa program yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan pelaku UMKM di masa pandemi Covid-19. Salah satunya, dengan memanfaatkan ruang digital untuk memasarkan usahanya.

"Pertama, memberikan kemudahan perizinan usaha, kedua pengembangan kemitraan strategis UMKM kepada perusahaan besar, ketiga perluasan pasar dan ruang partisipasi UMKM kepada proyek infrastruktur publik," kata Ari dalam Dialog Produktif bertema Geliat Digitalisasi UMKM, yang 
diselenggarakan KPCPEN dan disiarkan di FMB9ID_IKP, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Pandemi Covid-19 Masih Berlangsung, Pemerintah Fokus Stok Sembako dengan Harga Stabil

Pemerintah dalam hal ini KemenkopUKM terus berupaya memaksimalkan digitalisasi UMKM sebagai salah satu pilar untuk memajukan sektor ini. Pemerintah mendorong mereka yang bergerak di sektor informal agar menjadi formal.

"Mendorong sektor informal menjadi formal, mendorong UMKM ke dalam rantai pasok, serta transformasi wirausaha produktif. Saya kira itulah 
strategi kita untuk mendorong UMKM untuk masuk ke ekosistem digital," ujarnya. 

Baca juga: Firli Bahuri Cs Dilaporkan ke Dewas terkait Pembebastugasan 75 Pegawai KPK

Founder Roti Eneng & Sepiring Cerita, Sarah Diana Oktavia mengakui pandemi virus corona memang memaksa semua pelaku usaha untuk melakukan transformasi ke arah digital. Menurutnya, pandemi Covid-19 telah mengubah perilaku konsumen secara radikal. 

"Permintaan masyarakat di digital juga membesar selama pandemi," ujarnya. 

Baca juga: Pimpinan KPK Pasrah Dilaporkan Pegawainya ke Dewas

Sementara itu, Co-Founder & Commisioner Investree, Amiruddin mengatakan, beberapa sektor usaha memang tumbuh di tengah pandemi virus corona. Mereka pun memanfatkan ruang digital untuk memasarkan produknya. 

"Memang kita telah amati ada pergerakan di sektor-sektor tertentu seperti misalnya logistik, kesehatan, atau e-commerce, yang memang tumbuh memanfaatkan digitalisasi," ungkapnya. 

Selain digitalisasi, Amiruddin mengingatkan ada hal-hal nondigital yang perlu dimiliki juga oleh 
pelaku UMKM seperti, kemampuan untuk meningkatkan penjualan, mengefisienkan operasi, dan akses kepada permodalan.

(ads)



TAGS :

Komentar