Program Usulan Pembangunan di Sorong Selatan Akhirnya Diterima Menteri Basuki

  • 04 Juni 2021 12:50 WITA
Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE, MAP, bersama Anggota DPR RI dari Komisi V Jimmy Demianus Ijie saat berjumpa dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, JAKARTA - Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE, MAP bersama Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Dance Nauw, SP. M.Si, dan Kepala Dinas PUPR Sorong Selatan Alfius Way, SE, bertandang Ke DPR RI di Jakarta. 

Kunjungan Bupati Sorong Selatan ini difasilitasi sejumlah Anggota DPR RI dari Komisi V diantaranya, Jimmy Demianus Ijie, Wilem Wandik. S.Sos dan anggota Komisi lainya untuk audiensi dengan Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Arwani Thomafi, Senin, (31/5/2021).

Dalam wawancara Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli menjelaskan pihaknya telah mempresentasikan persoalan - persoalan yang dihadapi dibidang infrastruktur, yakni PUPR dan Kemenhub, karena Komisi V bermitra dengan kedua kementerian ini.

Baca juga: Kapolda Papua Barat Resmikan Kantor Satpolair Polres Raja Ampat

“Puji Tuhan Alhamdulilah seluruh program dan usulan yang dipresentasi  telah diterimah oleh Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Arwani Thomafi dan pada tanggal 2 Juni 2021 telah dilaksanakan rapat dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dalam kesempatan tersebut Komisi V juga telah menyampaikan usulan dan program kerja Pemerintah kabupaten Sorong Selatan di kedua kementerian ini. Dan di hari yang sama pihaknya telah melaksanakan pertemuan dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono," ungkapnya.

Baca juga: Salah Paham Masyarakat Adat Meyah Arfak dengan Perusahaan Sawit Diluruskan

Bupati Samsudin menambahkan dalam presentasinya dijelaskan bahwa suatu wilayah seperti di Papua akan maju dan berkembang serta menumbuhkan perekonomian jika ada pembangunan infrastruktur dengan mengkoneksikan jalan dari ibu kota kabupaten menuju distrik maupun kampung. Sehingga jika jalan sudah terhubung maka dengan sendirinya wilayah tersebut akan berkembang

Namun jika infrastruktur jalan, listrik dan air bersih tidak dibangun, maka Sorong Selatan akan tetap seperti itu saja," Bupati Samsudin.

Dalam pertemuan ini Menteri PUPR sangat merespon baik seluruh materi presentase dan menyampaikan bahwa pihaknya akan segera membangun Ruas Jalan Klamit Teminabuan dan Ruas jalan Teminabuan menuju Kabupaten Maybrat.

Baca juga: Musrenbang RPJMD Asahan Tahun 2021-2026 Resmi Dibuka Bupati Surya

Pertimbangan mendesak karena pada tahun 2022, Gubernur Papua Barat memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Sorong Selatan untuk melaksanakan MTQ di Teminabuan. 

"Salah satu jalan yang harus dilewatinya adalah ruas jalan Klamit Teminabuan yang saat ini mengalami rusak berat dan jika memungkinkan akan dianggarkan pada APBN Perubahan 2021", katanya Bupati Samsudin.

Selain itu menteri Basuki juga akan membantu Pemkab Sorong Selatan untuk membangun perumahan rakyat dan akan menghitung RAB pembangunan per unit  rumah di Wilayah Sorong Selatan agar segera dianggarkan dan dibangun.

Usulan lainya adalah pembangunan jaringan air bersih (PDAM) didalam Kota Teminabuan dan telah dijawab bahwa tahun ini pekerjaan jaringan air bersih dengan total anggaran sebanyak Rp17 Miliar telah dilelang dan segera dikerjakan di Sorong Selatan.

Kegiatan lainya yang juga terjawab adalah pembangunan situs wisata sejarah Tugu Pendaratan Pasukan Gerak Tepat (PGT) TNI AU dan prasarana pendukung lainya yang terletak di kampung Wersar Distrik Teminabuan Sorong Selatan, Papua Barat. 

Situs sejarah peringatan kembalinya Irian Barat Ke Pangkuan NKRI  pada Tahun 1962 sesuai amanat Bung Karno kalah itu untuk menancapkan Merah Putih di Irian Barat. Dan kami mengusulkan agar di tempat ini akan dijadikan tempat wisata sejarah sehingga dapat dikenang dan tentunya  obyek wisata lainya di sekelilingnya pun akan ikut dinikmati dan dikenal," beber Bupati Samsudin.

Bupati Samsudin berharap agar masyarakat Sorong Selatan menyambut baik dan mendukung program - program pemerintah pusat untuk pembangunan di Sorong Selatan dan tidak menghalang halangi program pemerintah.

Dan saya juga meminta keaktifan para pimpinan OPD untuk menyiapkan program kerja lainya agar dapat diusulkan pada pemerintah pusat melalui Ketua DPR RI selanjutnya dibahas dan diusulkan dimasing masing Kementerian agar Program pusat dapat di dikerjakan di Kabupaten Sorong Selatan," Imbuhnya. (EB)



TAGS :

Komentar