Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Bakal Diperiksa KPK Hari Ini

  • 09 Juni 2021 09:23 WITA
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri
Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin diagendakan diperiksa oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini, Rabu (9/6/2021). Politikus Golkar tersebut bakal dimintai keterangannya sebagai saksi untuk tersangka mantan Penyidik KPK asal Polri, AKP Stepanus Robin Pattuju (SRP).

"Benar, Rabu, 9 Juni 2021 dijadwalkan pemanggilan oleh tim penyidik KPK atasnama Azis Syamsuddin (Wakil Ketua DPR RI) sbg saksi dalam perkara atasnama tsk SRP dkk," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Rabu (9/6/2021).

Pemanggilan terhadap Azis Syamsuddin pada hari ini, merupakan kali keduanya. Di mana, Azis pernah mangkir alias tidak memenuhi panggilan pertama KPK pada 7 Mei 2021. Saat itu, ia beralasan sedang ada kegiatan di luar sehingga tidak bisa memenuhi panggilan pemeriksaan.

Baca juga: Dipanggil soal Polemik TWK, Pimpinan KPK Malah Surati Komnas HAM

Belum diketahui apakah Azis bakal memenuhi panggilan pemeriksaan pada hari ini. Namun demikian, Ali memastikan bahwa KPK telah mengirimkan surat panggilan pemeriksaan untuk Azis Syamsuddin.

"Surat panggilan sudah KPK kirimkan secara patut menurut hukum dan untuk itu kami menghimbau saksi kooperatif hadir memenuhi panggilan tersebut," tekan Ali.

Nama Azis Syamsuddin sendiri santer terdengar terseret dalam skandal dugaan suap terkait penghentian penyelidikan perkara korupsi di Pemkot Tanjungbalai. Azis Syamsuddin disebut sebagai fasilitator atau pihak yang mempertemukan Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial dengan AKP Stepanus Robin Pattuju.

Baca juga: Sidang Suap Juliari Ungkap Fee Bansos Corona untuk Anggota BPK Hingga Pejabat Kemensos

Peristiwa pertemuan itu kemudian berujung rasuah. Syahrial menyuap Stepanus Robin Pattuju. Keduanya telah diamankan KPK. Sementara Azis Syamsuddin, masih akan didalami keterangannya oleh penyidik KPK. Kuat dugaan, Azis terlibat dalam perkara ini.

"Saksi merupakan pihak yang diduga mengetahui rangkaian peristiwa perkara tersebut sehingga keterangannya diperlukan agar menjadi lebih terang dugaan perbuatan para tersangka dalam perkara ini," pungkasnya.

Sejauh ini, KPK telah menetapkan tiga tersangka kasus dugaan suap terkait upaya penghentian penyelidikan perkara korupsi di Pemkot Tanjungbalai. Ketiganya yakni, M Syahrial; AKP Stepanus Robin Pattuju, dan Pengacara Maskur Husain. Sedangkan Azis Syamsuddin telah dicegah untuk bepergian ke luar negeri.

(ads)



TAGS :

Komentar