Yuliana Mandacan Resmi Menjabat Bunda Paud Papua Barat

  • 19 Juni 2021 16:10 WITA
Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan lantik Yuliana Mandacan sebagai Bunda Paud, Sabtu, (19/6/2021) di Manokwari, Papua Barat

Males Baca?


MCWNEWS.COM, MANOKWARI - Ny. Yuliana A Mandacan resmi menjabat sebagai Bunda Paud Provinsi Papua Barat. Yuliana Mandacan dilantik sebagai Bunda Paud oleh suaminya sendiri yaitu, Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan.

Yuliana Mandacan resmi dilantik sebagai Bunda Paud Provinsi Papua Barat, di Gedung Dikranasda, Manokwari,  Provinsi Papua Barat, pada Sabtu (19/6/2021). Ia resmi dilantik setelah membacakan ikrar Bunda Paud.

"Dengan nama Tuhan Yang Maha Esa, saya akan membangun, membina paud di provinsi Papua Barat," ucap Yuliana saat membacakan ikrar Bunda Paud, Sabtu (18/6/2021).

Sementara itu, Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan dalam sambutannya mengatakan, Peraturan Presiden Nomor 60 tahun 2013 tentang pengembangan anak usia dini dan holistik integratif mengamanatkan, bahwa sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif, merupakan aset yang sangat berharga bagi bangsa dan negara.

"Di Indonesia diperlukan peningkatan kualiatas sumberdaya manusia dalam mencapai tumbuh kembang anak selama preode usia dini, sejak janimbsampai anak 6 tahun," ujarnya.

Upaya peningkatan kesehatan gizi, serta perawatan pengasuhan, perlindungan dan pendidikan yang di lakukan secara stimulan, sistematis dan terintegritas, perlu disiapkan untuk membangun anak yang cerdas.

Sebagai mitra pemerintah, dia berharap bunda paud dapat mendorong partisipasi dalam mendukung pengembangan dalam penyelengaraan layanan Paud yang berkualitas di provinsi papua barat. Adapun, tugas bunda paud adalah pengabdian karena ini merupakan profesi sukarela.

Dominggus juga berharap dalam menjalankan tugasnya, Bunda paud dapat melakukan komunikasi yang baik dengan semua pemangku kepentingan yang mempunyai potensi pengembangan layanan paud. 

"Bunda paud provinsi akan membentuk pokja bunda paud provinsi Papua Barat, yang melibatkan unsur organisasi sosial, oganisasi keagamaan, organisas profesi, perguruan tinggi akademisi dan pemangku kepentingan di provinsi Papua Barat," bebernya.

Selaku Pembina Dekranasda, bunda paud mengharapkan dukungan dan dorongan program-program yang di buat oleh Dekranasda Kabupaten dan Bunda paud yang di Integritaskan dengan program - program provinsi. Sehingga, dapat melestarikan budaya kerajianan yang mendukung kearifan lokal.

Selain itu, Gubernur Mandacan juga mengajak semua masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Papua Barat, terutama kerajinan orang papua. Ciri khas dari masing masing daerah berbeda itu yang harus si lestarikan dan di lindungi.

"Anak paud itu lebih cerdas lain dengan kita yang kompas - kompas karena kita sekolah dari SD, paud ini mulai di ajrkan bernyayi dan bermain, mereka bisa belajar. Dan mengenal angka dan huruf," pungkasnya.

(hs)



TAGS :

Komentar