Dewan Adat Papua Apresiasi Kinerja Kapolres Manokwari Dalam Penanganan Konflik

  • 21 Juli 2021 08:02 WITA
Ketua DAP Wilayah III Doberay, Manawir Paul Finsen Mayor, S.IP,
Males Baca?


MCWNEWS.COM, MANOKWARI - Dewan Adat Wilayah III Doberay/Papua Barat sebagai Rumah Besar Masyarakat Adat Papua Wilayah III Doberay Papua Barat mengapresiasi langkah dan kinerja Kapolres Manokwari, AKBP Dadang Kurniawan Winjaya,S.IK dalam penganan sejumlah kasus dan juga pertikaian atau konflik di wilayah hukum Polres Manokwari. 

Apresiasi ini diberikan lantaran Kapolres berhasil menyelesaikan, meredam dan merangkul masyarakat dengan baik.

"Kami melihat bahwa apa yang selama ini terjadi di Manokwari, ketika kejadian terjadi, Kapolres Manokwari, AKBP Dadang Kurniawan Winjaya,S.IK langsung turun ke Tempat Kejadian Perkara ( TKP ). Kemudian beliau melakukan Komunikasi yang Humanis dengan Masyarakat Adat Papua lalu, membangun komunikasi dengan sejumlah tokoh Masyarakat Adat Papua dan kemudian mencari solusi alternatif," kata Ketua DAP Wilayah III Doberay, Manawir Paul Finsen Mayor, S.IP, Rabu (21/7/2021).

Dikatakannya lagi, cara-cara penyelesaian persoalan yang dilakukan Kapolres Manokwari telah sejalan dengan perintah Kapolri yakni melakukan pendekatan persuasif dan humanis dengan masyarakat.

Menjadikan tokoh masyarakat sebagai mitra dalam menjaga kondusifitas, keamanan, ketertiban dan kenyamanan serta kekeluargaan sehingga Kabupaten Manokwari sebagai Ibukota Provinsi Papua Barat ini Aman dan Tertib.

"Kami para tokoh Masyarakat Papua bangga dengan kinerja Kepala Kepolisian Resort Manokwari, (Kapolres Manokwari) AKBP Dadang Kurniawan Winjaya,S.IK. Semoga cara-cara demikian bisa dijadikan contoh untuk Kapolres-Kapolres ditempat lain," ucapnya.

Beberapa kasus seperti Pemalangan Jalan Sanggeng, Pemalangan Depot Pertamina Ep di Wosi, Kasus Pembunuhan, Terbaru itu tadi malam dalam kasus dugaan penganiayaan yang berujung Pemalangan jalan utama Sowi, luar biasa beliau bersabar membangun komunikasi yang konstruktif dan sejuk sehingga akhirnya Palang Jalan diangkat dan jalan kembali Normal seperti biasa.

"Masyarakat adat Papua mau Kapolres yang seperti ini. Inilah contoh baik yang masyarakat adat Papua mau dan inginkan, sesuai perintah Kapolri kalau ada kasus diselesaikan dahulu secara Adat atau kekeluargaan dan itu beliau lakukan di wilayah hukum Polres Manokwari, pendekatan dengan Tokoh Masyarakat Adat Papua akhirnya Kabupaten Manokwari ini Aman dan terkendali," katanya.

Terimakasih Bapak Kapolres Manokwari, AKBP Dadang Kurniawan Winjaya,S.IK Tuhan Yesus Memberkati Selalu dalam Tugas dan Tanggung jawabnya, Amin," sambungnya.

 

(red-dy



TAGS :

Komentar