Sakitnya Makin Parah, Pesimis Wayan Wakil Bisa Kembali Diadili

  • 21 Juli 2021 16:05 WITA
I Wayan Wakil, Terdakwa kasus penipuan, pemalsuan surat dan TPPU ke Kejaksaan,
Males Baca?


MCWNEWS.COM, DENPASAR -Sejak dikeluarkannya penetapan pengadilan yang memerintahkan penitera untuk mengembalikan berkas perkara atas nama terdakwa I Wayan Wakil yang terjerat kasus penipuan, pemalsuan surat dan TPPU ke Kejaksaan, hingga berita ini ditulis belum juga ada kejelasan apakah akan kembali dilimpahkan ke Pengadilan. 

Diketahui, majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar pimpinan Esthar Oktavi di muka sidang yang digelar pada tanggal 6 Februari 2020 lalu mengeluarkan penetapan agar penitera mengembalikan berkas perkara ke Kejaksaan karena terdakwa I Wayan Wakil sakit keras. 

Nah, setelah berjalan selama setahun lebih, ternyata I Wayan Wakil dikabarkan  masih dalam keadaan sakit sehingga kejaksaan dalam hal ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali belum bisa melimpah kembali berkas perkara ke Pengadilan. 
 

Baca juga:
Terungkap, Ada Maladministrasi dalam Proses Alih Status Pegawai KPK

Pande Sugiartha salah satu kuasa hukum I Wayan Wakil saat dihubungi membenarkan bila I Wayan Wakil masih sakit. Bahkan dia pengatakan penyakit yang diderita kliennya itu ae kain parah.

"Waktu sebelum PPKM saya sempat mengunjungi pak Wakil, ternyata kondisinya semakin parah. Bahkan saat ini tidak bisa makan," ujarnya, Rabu (21/7/2021). 

Dengan kondisi yang dialami Wakil, pengacara yang akrab disapa Pande itu pun yakin bahwa Wakil tidak akan bisa menjalani sidang kembali.

"Saya sebagai kuasa hukumnya melihat bahwa dengan kondisinya yang dialaminya tidak mungkin untuk kembali disidangkan," ungkap Pande. 

Di tempat terpisah, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Eddy Artha Wijaya, jaksa yang menyidangkan perkara ini pun mengakui jika saat ini Wayan Wakil belum bisa kembali di serat ke Pengadilan karena kondisinya yang masih sakit." Ada laporan kalau kondisinya masih sakit," ujar Eddy Artha. 

Namun demikian, Eddy Artha mengatakan bahwa kasus yang membelit I Wayan Wakil belum dihentikan. Wayan Wakil akan kembali diadili apabila kondisi kesehatannya membaik.

"Kasus masih dibuka, kalau nanti terdawka I Wayan Wakil ini sembuh, maka berkas akan kita limpahan kan lagi ke Pengadilan," pungkas Eddy Artha.

Seperti diketahui, Wayan Wakil yang sebelum ditahan sejak Rabu (11/4/2019) dijadikan terdakwa karena diduga melakukan tindak pidana penipuan, pemalsuan surat dan TPPU Rp150 miliar dengan korban bos PT Maspion Surabaya, Alim Markus. 

Selain Wakil, dalam perkara ini juga ada dua pelaku lainnya yaitu A.A. Ngurah Agung dan matan Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta.

Untuk kedua terdakwa ini (Sudikerta dan Ngurah Agung) sudah divonis dan sedang menjalani penahanan di LP Kerobokan.

 

(eli)



TAGS :

Komentar