Lili Pintauli Siregar Terungkap Pernah Komunikasi dengan Pihak Berperkara, Ini Respon KPK

  • 27 Juli 2021 16:55 WITA
Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar disebut pernah berkomunikasi dengan salah satu orang yang sedang berperkara. Orang tersebut yakni, Wali Kota non-aktif Tanjungbalai M Syahrial.

Hal tersebut terungkap saat mantan penyidik KPK, Stepanus Robin Pattuju bersaksi dalam sidang perkara dugaan suap terkait penanganan perkara yang melibatkan M Syahrial pada Senin (26/7/2021). Sidang tersebut digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Medan. 

Menanggapi hal tersebut, Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri berjanji bahwa pihaknya akan mengonfirmasi kembali pengakuan Stepanus Robin Pattuju kepada sejumlah saksi pada persidangan selanjutnya. Pengakuan Stepanus Robin juga akan dikonfirmasi kepada terdakwa M Syahrial.

"Seluruh keterangan saksi maupun fakta-fakta persidangan lainnya akan dikonfirmasi kembali kepada para saksi yang akan dihadirkan dan alat bukti lainnya pada agenda persidangan berikutnya. Termasuk pada saatnya nanti juga akan dikonfirmasi kepada Terdakwa MS," kata Ali melalui pesan singkatnya, Selasa (27/7/2021).

"Berikutnya Jaksa akan simpulkan seluruh fakta-fakta tersebut pada bagian akhir persidangan dalam analisa yuridis surat tuntutan," imbuhnya.

Sementara itu, sambung Ali, terkait dugaan pelanggaran etik Lili Pintauli Siregar, saat ini masih diproses oleh Dewan Pengawas (Dewas). KPK menyerahkan kepada Dewas untuk memproses laporan dugaan pelanggaran etik tersebut.

"Sehingga nantinya Dewas dapat menyimpulkan, ada tidaknya unsur pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku yang dilakukan oleh insan KPK dimaksud," tegasnya.

Setelah merampungkan seluruh proses pemeriksaan terhadap para saksi dan bukti-bukti terkait, kata Ali, Dewas akan mengumumkan hasilnya ke publik. Hal itu, sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi Dewas KPK kepada publik.
 
"Kami senantiasa mengajak masyarakat dapat terus mengikuti dan mengawasi persidangan  yang terbuka untuk umum dengan terdakwa MS ini.
Karena kami menyakini, semangat KPK dan masyarakat sama dalam upaya pemberantasan korupsi," pungkasnya.

 

(ads)



TAGS :

Komentar