KPK Bakal Buktikan Persekongkolan Jahat Antara Azis Syamsuddin dengan Eks Penyidik Stepanus Robin

  • 28 Juli 2021 10:18 WITA
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri
Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan bakal membuktikan persekongkolan jahat antara mantan penyidiknya, Stepanus Robin Pattuju (SRP) dengan Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin (AZ).

Di mana, dugaan persekongkolan jahat tersebut berujung pada kasus dugaan suap Wali Kota non-aktif Tanjungbalai, M Syahrial (MS).

Demikian ditekankan Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menanggapi perubahan keterangan oleh Stepanus Robin Pattuju saat bersaksi dalam sidang perkara dugaan suap untuk terdakwa M Syahrial, pada Selasa, (27/7/2021).

Di mana, Stepanus meralat pengakuannya pernah menerima uang dari Azis Syamsuddin.

"Terlalu cepat untuk dapat menyimpulkan nilai kebenaran dibalik perubahan keterangan saksi SRP, masih ada waktu untuk mencari tahu dan membuktikan kronologi persekongkolan dugaan penyuapan terencana ini," kata Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Rabu (28/7/2021).

Lebih lanjut, Ali menjelaskan bahwa proses penyidikan yang dilakukan KPK bukan hanya merujuk pada keterangan satu saksi saja.

Sehingga, KPK akan mengonfirmasi kembali kepada saksi lainnya terkait perubahan keterangan Stepanus Robin Pattuju.

KPK tak percaya begitu saja dengan perubahan keterangan Stepanus Robin Pattuju.

"Sesuai hukum acara pidana, satu keterangan saksi bukan saksi jika tanpa ada keterangan saksi lain yang juga bersesuaian dengan alat bukti lainnya. Kami pastikan akan menyingkap kebenaran dan menegakan hukum sebaik-baiknya," ujar Ali. 

"Untuk itu tim JPU akan memanggil dan memeriksa saksi-saksi lain untuk dikonfirmasi pada agenda persidangan berikutnya. Termasuk tentu fakta dugaan keterlibatan saksi AZ maupun pihak lain dalam perkara ini juga akan didalami melalui keterangan para saksi-saksi dan alat bukti yang KPK miliki," pungkasnya.

 

(ads)



TAGS :

Komentar