Lakukan Donor Konvalesen, 12 Orang Penyintas Covid Terima Penghargaan

  • 19 Agustus 2021 18:30 WITA
Males Baca?


MCWNEWS.COM, DENPASAR - Penyintas Covid-19 sebanyak 12 orang secara sukarela menjadi pendonor plasma konvalesen. Donor untuk merespon kebutuhan plasma konvalesen yang kian mendesak di tanah air tersebut berlangsung, Rabu (18/8/2021).

Atas keperdulian yang telah dilakukan, para pendonor konvalesen ini kemudian diberi penghargaan oleh Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP BERDERMA).

PSP BERDERMA sendiri merupakan sebuah organisasi sayap Partai Nasional Demokrat (NasDem) di bawah naungan Garda Pemuda NasDem yang secara khusus dibentuk untuk membantu mengatasi kesulitan dalam mendapatkan pendonor plasma darah untuk penderita Covid-19.

I Kadek Sujanayasa, SH., Ketua Garda NasDem Bali yang juga selaku DPRD Karangasem dari Partai NasDem menyampaikan bahwa pelaksanaan donor darah plasma konvalesen ini dilaksanakan atas perintah dari DPP Garda Pemuda NasDem (GPND).

Di mana DPP GPND mengamanatkan bahwa dalam kondisi sulit seperti sekarang adalah momentum bagi kader sayap NasDem untuk berperan aktif dalam proses penanganan virus corona di daerahnya masing-masing.

"Kegiatan ini merupakan kerjasama GPND dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan dilaksanakan dengan aturan protokol kesehatan yang ketat. Hari ini diperoleh 12 orang pendonor namun setelah dilakukan screening hanya lolos 10 pendonor plasma konvalesen," kata Kadek di Kantor DPD NasDem Denpasar, Kamis (19/8/2021).

Menurutnya, Hal ini merupakan jumlah yang cukup menggembirakan jika melihat populasi penduduk di Bali yang hanya sekitar 4.317.404 jiwa bila dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia.

Tidak hanya melaksanaan donor darah plasma konvaselen lanjut Kadek, PSP BERDERMA juga menyelenggarakan donor darah biasa (non konvaselen) dengan tema 'Ngiring meyadnya donor plasma demi semeton irage sane membutuhkan'.

Sementara Ketua PSP BERDERMA Dewa Gede Adi Palguna, S.Ked., menerangkan, untuk 'hunting' pencarian relawan donor darah plasma konvalesen yaitu para penyintas Covid-19 tidaklah mudah.

Oleh karena itu pihaknya mengerahkan jejaring para relawan dan kader untuk melakukan pencarian berdasarkan data dan informasi serta kesiapan pendonor.

"Setelah itu dilakukan screening dengan terus melakukan pendampingan hingga Petugas PMI melakukan uji kadar antibodi pada sampel darah calon pendonor plasma konvalesen di laboratorium," jelasnya.

Ditambahkan, setelah seseorang telah melakukan donor darah konvalesen, maka yang bersangkutan bisa mendonorkan darahnya kembali dalam rentang waktu 2 minggu kemudian.

Informasi dirangkum, persyaratan untuk menjadi pendonor darah plasma konvalesen di antaranya adalah; 
-Usia 18-60 tahun
-Berat badan lebih dari 55 kg
-Diutamakan pria, apabila wanita belum pernah hamil
-Pernah terkontaminasi Covid-19
-Bebas keluhan minimal 14 hari
-Surat keterangan sembuh dari rumah sakit yang merawat
-Maksimal 3 bulan pasca sembuh Covid-19
-Tidak menerima tranfusi darah selama 3 bulan terakhir
-Calon donor merupakan penyintas yang isoman lebih dari 3 gejala dapat melakukan donasi dengan membawa surat keterangan sembuh dari dokter atau puskesmas.

 

(ag/lis)



TAGS :

Komentar