Hadiri Vaksinasi, Gubernur Papua Barat Dibuat Malu Kasatpol PP Kota Sorong

  • 22 Agustus 2021 09:28 WITA
Dominggus Mandacan dan rombongan menghadiri kegiatan vaksinasi
Males Baca?


MCWNEWS.COM, SORONG - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kota Sorong Daniel Jitmau ditengarai melakukan tindakan tidak etis dan cenderung membuat malu Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan.

Peristiwa bermula ketika Gubernur Dominggus Mandacan dan rombongan menghadiri kegiatan vaksinasi yang dilakukan dalam konteks program Partai Nasional Demokrat, Sabtu (21/8/2021) di Terminal Remu, Kota Sorong, Papua Barat.

Namun di sana Kasat Pol PP Kota Sorong Daniel Jitmau melakukan perbuatan yang tidak etis kepada Gubernur.

Kuasa hukum Pemerintah Provinsi Papua Barat Yan Christian Warinussy mengatakan, kendati Dominggus Mandacan sedang menjalankan tugasnya selaku Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem, namun di pundaknya saat ini masih melekat jabatan Gubernur Papua Barat yang sah.

Hal itu berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres RI) Nomor : 46/P Tahun 2017, tanggal 10 April 2017.

"Sehingga tindakan dan sikap saudara Kasat Pol PP Kota Sorong tersebut jelas "mengarah" juga kepada Bapak Dominggus Mandacan selaku Gubernur Papua Barat yang sekaligus adalah Kepala Wilayah Pemerintahan di Provinsi ke 32 di Indonesia ini," ucapnya, Minggu (22/8/2021).

Oleh karenanya, selaku advokat dan pengacara Pemerintah Provinsi Papua Barat, dirinya sedang mendalami motif dari insiden yang berlangsung di Terminal Remu, Kota Sorong tersebut.

"Kami tengah mempertimbangkan untuk melakukan langkah hukum, ini penting demi terlindunginya wibawa Pemerintah Republik Indonesia di Tanah Papua, khususnya di Provinsi Papua Barat dimana Bapak Mandacan adalah perwakilan resmi dan sah dari Negara Demokrasi keempat terbesar di dunia dan negara hukum (Recht Staat) ini," pungkasnya.

 

(ag/lis)



TAGS :

Komentar