Tjandra Setiadji, Tokoh Tionghoa yang Banyak Berkontribusi untuk Indonesia

  • 30 Agustus 2021 19:15 WITA
Tjandra Setiadji, SH, MH

Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Tidak bisa dipungkiri banyak tokoh Tionghoa yang berkontribusi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, baik pra maupun pasca kemerdekaan. Hal ini juga bisa dilihat dari beberapa peninggalan sejarah seperti bangunan bahkan adanya beberapa masjid di Indonesia dibangun dengan model dan ala Tionghoa, seperti Mesjid Laksamana Zheng Ho.

Belakangan, Tokoh Tionghoa juga tetap menunjukkan sikap komitmennya untuk terus berkontribusi dalam membangun NKRI, sebut saja seperti Tjandra Setiadji (Zheng Zhong Hong).

Saat ini, Andy demikian ia akrab disapa terdaftar sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjend) Partai Pemersatu Bangsa (PBB).

Dengan jabatan manterengnya, Andy telah banyak melakukan hal-hal yang mendorong tegaknya konstitusi di negara ini termasuk juga kegiatan-kegiatan yang digagasnya itu sangat menunjukkan sikap komitmen dirinya sebagai warga Indonesia.

Andy, merupakan satu di antara anak keturunan suku Tionghoa yang lahir di Indonesia, yakni lahir di Kota Bagansiapiapi, yang dikenal sebagai Kota penghasil ikan terbesar di dunia, Bagan yaitu Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau (Pekan Baru).

Dari tempatnya lahir itu, Andy pada akhirnya besar dan berkarir di Jakarta sampai hari ini.

Tim redaksi mencoba untuk mengunjungi ke kediamannya di Jakarta Barat dan melakukan wawancara intensif, apa sebenarnya motivasi dan dorongan Andy untuk berkarya demi NKRI ini.

*Selamat Siang, apa kabarnya Bang, sepertinya lama Abang tidak muncul di media? Hehe*


Halaman :

TAGS :

Komentar