Terdakwa Makar Diizinkan Dirawat, Advokat Senior Papua Apresiasi Kajati

  • 30 Agustus 2021 21:45 WITA
Direktur Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Yan Christian Warinussy, SH

Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, MANOKWARI - Sebagai Advokat berstatus penegak hukum berdasarkan Pasal 5 ayat (1) UU RI No.18 Tahun 2003 Tentang Advokat, Yan Christian Warinussy memberi apresiasi kepada Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Papua Nikolaus Kondomo dan Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Apresia ini dikarenakan Kajati Papua dan Tim JPU nya telah melaksanakan Penetapan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jayapura Kelas IA, yaitu membantarkan Viktor Yeimo terdakwa dalam perkara dakwaan Makar untuk dirawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dok II Jayapura.

"Langkah ini sungguh mulia karena memenuhi aspek kemanusiaan yang disebabkan kondisi saudara Yeimo saat ini sedang menderita sakit. Kita berharap selanjutnya saudara Viktor Yeimo bisa segera memperoleh perawatan terhadap penyakit yang sedang menyerang tubuhnya sebagai manusia," ujarnya, Senin (30/8/2021).

Salah satu advokat senior di Tanah Papua ini mengaku sebelumnya menerima informasi dari kontak person di Jayapura jika Yeimo diduga menderita sakit pada paru-parunya.

Hal ini lanjutnya tentu membutuhkan penanganan khusus dari sisi medis, sehingga tim dokter yang memeriksa dan mendiagnosa sakit Yeimo segera menentukan model terapi yang dapat diberikan kepadanya.

Dengan demikian, Direktur Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari ini berharap semua pihak baik tim Jaksa Tinggi maupun tim penasihat hukum terus berkomunikasi intensif dalam proses perawatan saudara Yeimo tersebut. 

"Sehingga kelak proses perawatan ini bisa memberi dampak positif bagi kondisi kesehatan saudara Yeimo lebih lanjut. Kita sangat berharap baik Jaksa Penuntut Umu maupun tim penasihat hukumnya dapat berkomunikasi dan bekerjasama selama Yeimo dibantarkan agar bisa memperoleh perawatan secara intensif di RSUD Dok II Jayapura hingga sehat kembali," ucapnya.

 

(ag/lis)



TAGS :

Komentar