Terungkap, Penyaluran Beras Bansos dari Kemensos RI Tak Libatkan Dinsos Teluk Bintuni

  • 09 September 2021 14:05 WITA
Beras Bansos Kemensos RI di gudang Bulog Manokwari kiriman dari Ka Cabang Bulog Manokwari Firman Mando

Males Baca?


MCWNEWS.COM, BINTUNI - Penyaluran beras bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia ke masyarakat di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni rupanya tidak melibatkan Pemerintah Daerah Teluk Bintuni dalam hal ini dinas sosial.

Terungkap pula sebagai pihak ketiga pendistribusian beras ini ditangani langsung oleh PT Dos Ni Roha (DNR), perusahaan distribusi yang sudah terikat kontrak secara nasional dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Kepala Cabang Bulog Manokwari Firman Mando saat dikonfirmasi terkait pendistribusian beras Bansos Kemensos RI menjelaskan bahwa dari program ini, Bulog yang ditunjuk menyiapkan berasnya.

"Sedangkan distribusinya oleh PT DNR langsung. Jadi memang tidak melibatkan dinas sosial di daerah. Kami sifatnya koordinasi saja melalui lisan, karena barang ini sebenarnya tidak ada juknisnya," jelas Firman, Kamis (9/9/2021).

Dikatakan, DNR Distribution adalah perusahaan distributor yang pada awalnya bernama Firma Dos Ni Roha, yang didirikan di Jakarta pada 16 September 1963. Firma Dos Ni Roha kemudian berubah menjadi PT Dos Ni Roha, dan kini lebih dikenal dengan sebutan DNR Distribution.

Firman mengatakan, DNR Corporation dan Bulog saat ini mendapat kepercayaan menyalurkan beras 200.000 ton untuk tambahan bantuan sejalan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Kementerian Sosial (Kemensos) kepada penerima bantuan sosial tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH) pada 20 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di 15 provinsi.


Halaman :

TAGS :

Komentar