KPK Diduga Sengaja Sembunyikan Hasil Pemeriksaan Ajudan Lili Pintauli Siregar

  • 10 September 2021 11:07 WITA
Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman (Foto: Ant)
Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rampung memeriksa Oktavia Dita Sari selaku Ajudan pimpinan KPK, Lili Pintauli Siregar, pada Senin (6/9/2021). Oktavia Dita diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Pemkot Tanjungbalai.

Hingga kini, KPK belum juga merilis atau menginformasikan hasil pemeriksaan Oktavia Dita Sari. Padahal, awak media sudah mencoba mengonfirmasi hasil pemeriksaan terhadap Ajudan Lili Siregar tersebut ke Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri. Sayangnya, Ali Fikri bungkam.

Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman, mengkritik ketidakterbukaan KPK. Boyamin menduga KPK sengaja menutupi hasil pemeriksaan Oktavia Dita. Semestinya, KPK tidak boleh memberikan perlakuan khusus kepada saksi meskipun mempunyai hubungan pekerjaan dengan pimpinan. 

"Sikap KPK yang tidak mengumumkan hasil pemeriksaan ajudan Ibu Lili mengindikasikan dugaan ada sesuatu yang coba disembunyikan. Meski saksi memiliki keterkaitan dengan Ibu Lili seorang pimpinan, bukan berarti harus ada perbedaan perlakuan dengan saksi-saksi lain," ujar Boyamin melalui keterangan resminya, Jumat (10/9/2021).

Menurut Boyamin, sikap tertutup lembaga antirasuah belakangan ini juga mengkhianati asas transparansi yang sering kali digaungkan. Ia menganggap KPK di kepemimpinan Firli Bahuri munafik. "Bagaimana KPK menuntut pihak lain transparan jika dirinya malah tertutup? Kalau tidak salah perbuatan ini bisa masuk kategori munafik," tegasnya.


Halaman :

TAGS :

Komentar