Dikritik Soal Ketidakterbukaan Pemeriksaan Ajudan Lili Siregar, Begini Respon KPK

  • 11 September 2021 19:30 WITA
Plt Jubir KPK Ali Fikri
Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) mengkritik ketidakterbukaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ketidakterbukaan itu berkaitan dengan hasil pemeriksaan ajudan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar, Oktavia Dita Sari, sebagai saksi dalam kasus dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Pemkot Tanjungbalai.

Usai dikritik MAKI, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri langsung merilis hasil pemeriksaan terhadap Oktavia Dita Sari. Ali mengklaim bahwa tidak banyak yang didapat penyidik dari keterangan Oktavia Dita Sari. Sebab, ajudan pimpinan KPK tersebut berdalih tidak mengenal maupun mengetahui perbuatan para tersangka kasus jual beli jabatan di Tanjungbalai.

"Dari hasil pemeriksaan tim penyidik, yang bersangkutan menerangkan tidak kenal dengan para tersangka dan tidak mengetahui perbuatan para tersangka. Keterangan dan informasi tersebut tentu baru kami ketahui setelah melakukan pemeriksaan," dalih Ali Fikri melalui keterangan resminya, Sabtu (11/9/2021).

Lebih lanjut, Ali menyatakan bahwa KPK masih terus melakukan penyidikan terkait perkara ini dengan mengumpulkan bukti-bukti serta menggali keterangan para saksi. Meskipun tak banyak keterangan yang didapat dari Oktavia Dita, KPK masih akan mengonfirmasi dengan keterangan saksi lainnya.

"Namun demikian, KPK tidak berhenti di sini. Kami akan mengagendakan untuk memeriksa saksi-saksi lainnya," ditekankan Ali.

"Kami berharap publik terus memberikan dukungannya, agar KPK bisa tuntas mengusut perkara korupsi yang mencederai harapan rakyat untuk memiliki pejabat publik daerah yang amanah dan menerapkan praktik good governance ini," sambungnya.


Halaman :

TAGS :

Komentar