Pemkab Fakfak Dukung Pemekaran Kokas Menjadi Kabupaten

  • 13 September 2021 19:35 WITA
Gubernur Dominggus Mandacan didampingi Bupati dan Wakil Bupati Fakfak saat berada di Lapangan Olahraga Kokas, Senin, (13/9/2021)
Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, FAKFAK - Setelah sekian lama, Pemerintah Daerah Fakfak di bawah kepemimpinan Bupati Fakfak Untung Tamsil mendukung pemekaran Kabupaten Kokas. Ini dikarenakan Kokas adalah kota tua yang memiliki sejarah wilayah adat.

"Bahkan sejarah dari sisi perjuangan masuk kepangkuan Ibu Pertiwi," kata Untung Tamsil kepada wartawan, Senin (13/9/2021) di Pelabuhan Kokas.

Bupati terpilih dari Calon Independen pada pilkada 2020 ini menyatakan, Pemda Fakfak memberikan dukungan penuh untuk pemekaran, karena ini juga salah satu upaya untuk mempercepat pembangunan di wilayah Provinsi Papua Barat.

Bupati Fakfak, Untung Tamsil

Disinggung soal tapal batas wilayah dengan Kabupaten lain yang langsung berbatasan dengan Distrik Kokas atau wilayah adat Mbaham Mata.

Untung menerangkan bahwa Kokas masih menjadi wilayah administrasi dari Kabupaten Fakfak.

Untuk itu, pihaknya masih memegang dari administrasi awal tapal batas wilayah antara Kabupaten Fakfak dengan Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Fakfak dengan Kabupaten Manokwari.

"Tentunya setelah Kabupaten Kokas jadi, maka nanti kita akan selesaikan secara berjenjang. Oleh karena itu saya berharap pemerintah memekarkan Kokas menjadi Kabupaten, Gubernur juga mendukung, kita sama-sama mendukung," kata Untung. (hs)



TAGS :

Komentar