20 Tahun Menanti, Kokas Siap Jadi Kabupaten

  • 13 September 2021 19:50 WITA
Ketua Tim Pemekaran Kabupaten Kokas, Abdollah Baraweri
Males Baca?


MCWNEWS.COM, FAKFAK - Harapan masyarakat Distrik Kokas untuk Kokas menjadi kabupaten akhirnya terwujud.

Ketua Tim Pemekaran Kabupaten Kokas, Abdollah Baraweri menyampaikan bahwa masyarakat sudah cukup lama menunggu.

"Hari ini yang di tunggu-tunggu oleh masyarakat Distik Kokas dari lima petuanan akhirnya terwujud," ucapnya saat menyambut Kepala Suku Besar Arfak Drs. Dominggus Mandacan M.Si., di wilayah adat lima patuanan Baham Mata Bomberai, Provinsi Papua Barat, Senin (13/9/2021).

Gelar Tikar Adat

Menurutnya, proses pengajuan pemekaran sudah dilakukan sejak dua puluh tahun silam. Sebagai ketua tim saat ini, Baraweri mengaku mengetahui administrasinya seperti apa.

"Saya tahu perjalanan Kokas seperti apa, Kokas sudah final menjadi rancangan undang-undang tinggal menunggu menjadi undang-undang. Dari 65 DOB (daerah otonomi baru) salah-satunya Kokas yang ditunda menjadi daerah otonomi baru, dan sekarang sudah siap," jelasnya.

Ketua Tim Pemekaran bersama Wartawan

Ditambahkan pula, calon kabupaten baru di Provinsi Papua Barat ini merupakan daerah bersejarah. Kokas pernah dijadikan basis pertahanan pasukan Jepang pada perang dunia ke II.

"Untuk itu, masyarakat melakukan acara prosesi adat, gelar tikar adat, menerima Om sebagai orang Adat, menerima kita pu Om sekaligus kita deklarasi pemekaran Kabupaten Kokas, sekaligus pemasangan papan slubung yang telah disiapkan oleh panitia," tuturnya. (hs)



TAGS :

Komentar