Kinerja Penindakan Dapat Rapor Merah dari ICW, Begini Respon KPK

  • 13 September 2021 21:30 WITA
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri
Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) memberikan rapor merah terhadap kinerja penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada semester I tahun 2021. Berdasarkan laporan dari ICW, KPK hanya mampu merealisasikan 22 persen dari total target penindakan kasus korupsi pada semester I tahun 2021.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri menyatakan bahwa pihaknya menghormati penilaian dari ICW terhadap kinerja penindakan KPK. Meski demikian, Ali meminta agar penilaian tersebut dibuktikan dengan data dan informasi yang valid. Dengan demikian, Ali menuding penilaian ICW terhadap kinerja penindakan KPK tidak valid.

"KPK mengapresiasi semua pihak yang konsen terhadap isu pemberantasan korupsi dan memberikan rapor atau penilaiannya terhadap kinerja lembaga yang diberi kewenangan melaksanakan tugas tersebut," kata Ali melalui keterangan resminya, Senin (13/9/2021).

"Namun sebagai pelaksanaan fungsi kontrol, penilaian tersebut semestinya mengacu pada data dan informasi yang valid agar ketika disampaikan ke publik tidak menimbulkan mispersepsi," imbuhnya.

Sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitasnya kepada publik, diterangkan Ali, KPK telah menyampaikan kinerjanya selama semester 1- 2021 secara terbuka. Mulai dari pelaksanaan fungsi pencegahan, penindakan, dan pendidikan antikorupsi. 

"Pada pelaksanaan fungsi penindakan, selama semester 1 - 2021, KPK telah melakukan 77 penyelidikan, 35 penyidikan, 53 penuntutan, dan 35 eksekusi. Dari 35 sprindik tersebut, KPK telah menetapkan 50 orang tersangka. Dengan total asset recovery-nya sebesar Rp171,23 Miliar," pamernya.


Halaman :

TAGS :

Komentar