Tim Pemantau Kemanusiaan meminta Komnas HAM Turun ke Maybrat

  • 19 September 2021 12:28 WITA
Ketua Tim Pemantau Kemanusiaan Mananwir Paul Finsen Mayor (kanan)

Males Baca?


MCWNEWS.COM, PAPUA BARAT  - Tim Pemantau Kemanusiaan meminta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk segera melakukan serangkaian kegiatan kunjungan ke Maybrat terutama di wilayah Aifat Raya yang terdiri dari beberapa distrik terutama di distrik Aifat Selatan, tepatnya di Kampung Kisor dan kampung sekitarnya. 

Ketua Tim Pemantau Kemanusiaan Mananwir Paul Finsen Mayor mengatakan, kehadiran Komnas HAM sebagai Lembaga Negara yang diberi kewenangan secara konstitusional untuk melakukan investigasi dan advokasi hukum.

Serta penyelidikan sehingga dapat memastikan kondisi kemanusiaan masyarakat adat dan atau warga jemaat yang sedang berada di dalam hutan maupun di beberapa tempat pengungsian karena ketakutan dan lari meninggalkan rumah dan tanah serta harta benda mereka. 

"Para pengungsi ini meminta perlindungan hukum agar mereka bisa kembali ke kampung halamannya dengan catatan bahwa kalau mereka balik jangan sampai mereka didatangi oleh aparat keamanan dan diminta keterangan atau diperiksa berjam-jam," ucapnya, Minggu (19/9/2021).

Menurutnya, permintaan tersebut dikatakan oleh para pengungsi kepada Tim Pemantau Kemanusiaan. Oleh sebab itu pihaknya meminta sesegera mungkin Komnas HAM berkunjung ke sana.


Halaman :

TAGS :

Komentar