Tipu Jual Beli Tanah Kavling, Ridartayasa Divonis 2,5 Tahun Penjara

  • 20 September 2021 19:30 WITA
I Wayan Ridartayasa

Males Baca?


MCWNEWS.COM, DENPASAR - Pria bernama I Wayan Ridartayasa yang beralamat di Denpasar yang diduga melakukan tindak pidana penipuan jual beli tanah kavling dalam sidang virtual di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Senin (20/9/2021) divonis hukuman 2 tahun dan 6 bulan (2,5) tahun penjara. 

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar yang diketuai Angeliky Handajani Day dalam amar putusannya menyatakan sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menyatakan terdakwa terbukti melakukan tidak pidana penipuan yang dilakukan beberapa kali. 

Perbuatan terdakwa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.  Namun, setelah mempertimbangkan hal-hal yang memberatkannya dan meringankan, majelis tidak sependapat dengan lamanya hukuman yang dimohonkan jaksa. 

Majelis memangkas hukuman dari 3 tahun yang dimohonkan jaksa menjadi 2 tahun dan 6 bulan.

"Menghukum terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 2 tahun dan 6 bulan penjara," sebut hakim dalam putusannya. 

Atas putusan itu, terdakwa tidak terima dan menyatakan banding. Sebagaimana terungkap dalam fakta persidangan, empat orang korban di muka sidang menuturkan, kasus penipuan yang dilakukan oleh terdakwa ini berawal dari terdakwa memasang plang diatas tanah kosong yang berlokasi di Mambal, Badung pada tahun 2014 silam. 


Halaman :

TAGS :

Komentar