Bahas Raperda, DPRD Kabupaten Teluk Bintuni Gelar Rapat Paripurna

  • 20 September 2021 07:42 WITA

Males Baca?


MCWNEWS.COM, BINTUNI - DPRD Kabupaten Teluk Bintuni menggelar rapat paripurna terhadap rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang pertanggungjawaban APBD Kabupaten Teluk Bintuni tahun anggaran 2020.

Rapat dipimpin sekaligus dibuka oleh Wakil ketua II DPRD Kabupaten Teluk Bintuni Yohanis Pongtuluran didampingi Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Teluk Bintuni Herlina Husain ini dihadiri 17 Anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni.

Di antaranya Stefanus Balubun, Nasarius Iba, Erwin Bedu Nawawi, Herlina Husain, Markus Maboro, Yasman Yasir, Yulius Malton Paramma, Timi Eneiri, Dan Topan Sarungallo, Romilus Tatuta, Andreas Nauri, Sujono, Hans Tatiorim, Muhammad Tiakoly, Jefri Orocomna, Sopia Regina Yerkohok, Ayor Kosepa dan Anton Asmorom.

"Satu orang yakni Simon Dowansiba berhalangan hadir dengan alasan sakit. Berdasarkan peraturan DPRD Kabupaten Teluk Bintuni forum memenuhi syarat, sebut pemimpin rapat, sebut Sekwan DPRD Kabupaten Teluk, Mesak Pasalli saat membacakan daftar hadir, Senin (20/9/2021).

Dalam pidato pembukaan Wakil Ketua II Yohanis Pongtuluran menyampaikan bahwa penyampaian pidato pengantar Raperda Kabupaten Teluk Bintuni tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah Tahun Anggaran 2020 ini disusun dalam rangka memenuhi kewajiban kepala daerah.

Sekretaris DPD Nasdem Teluk Bintunii, Jen Fimbay (kiri) Ketua DPC PPP Teluk Bintuni, Joko Lingara (kanan)

Hal ini sebagaimana diamanatkan Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan Peraturan pemerintahan nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan, bahwa sesuai siklus penganggaran nasional penyampaian rancangan Perda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD sudah harus disampaikan paling lambat 6 bulan setelah pelaksanaan APBD Tahun Anggaran sebelumnya dan telah diperiksa oleh Keuangan paling lambat 6 bulan setelah tahun anggaran 2020 berakhir.

bbseparator}

"Kami menyadari sepenuhnya bahwa keterlambatan penyampaian raperda dimaksud bukanlah sebuah kesengajaan namun disebabkan oleh adanya perubahan regulasi dan penyesuaian terhadap pengelolaan keuangan daerah yang cenderung berubah," ucapnya.

"Namun kami sangat berharap agar keterlambatan ini tidak menjadi sebuah persoalan serius dan akan semakin menambah motivasi kita bersama untuk terus bekerja keras menyelesaikan seluruh rangkaian penyelenggaraan keuangan dan Pemerintahan daerah di tahun anggaran 2021 yang tinggal beberapa bulan lagi," lanjutnya.

Dikatakan, Lembaga DPRD memberikan apresiasi dan penyampaian ucapan terimakasih kepada pemerintahan daerah khususnya kepada Bupati dan Wakil Bupati beserta seluruh aparaturnya atas kerjasama dan saling berkoordinasi guna bersama-sama mengatasi beberapa persoalan di bidang pemerintahan dan kemasyarakatan pada tahun anggaran 2020 ini.

"Semoga kerjasama dan saling peringati yang dilandasi semangat kemitraan yang saling melengkapi saling mengisi dan saling berbagi peran penyelenggaraan pemerintahan sebagai pelaksanaan pembangunan dan pelayanan publik ini dapat kita jaga dan kita pertahankan dari tahun ke tahun guna mendorong tumbuhnya objektivitas publik terhadap kinerja pemerintahan Kabupaten Teluk Bintuni," ujarnya.

Pada kesempatan itu dalam pidatonya Wakil Ketua mengajak semua yang hadir pada sidang paripurna ini untuk bersama-sama mendengar dan mencermati penyampaian raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 yang memuat secara rinci mengenai pelaksanaan berbagai program dan yang telah dilaksanakan sepanjang tahun anggaran 2020.

bbseparator}

"Selanjutnya sesuai mekanisme persidangan dan perundang-undangan yang berlaku DPRD Kabupaten Teluk Bintuni melalui fraksi-fraksi akan mengabaikan dan memberikan catatan terhadap penyampaian pidato pengantar Bupati terhadap raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 melalui pemandangan umum," sebut Wakil Ketua II Yohanis Pongtuluran dari meja pimpinan.

Pelaksanaan rapat paripurna rancangan peraturan daerah tentang pertanggung
jawaban APBD Kabupaten Teluk Bintuni tahun anggaran 2020 dihadiri oleh Kapolres Teluk Bintuni AKBP Junov Siregar SH, SIK, Dandim 1806/Teluk Bintuni Letkol Inf Kadek Abriawan, SIP.

Kemudian pimpinan partai politik (Jen Fimbay/Sekretaris DPD Nasdem Teluk Bintuni dan Joko Lingara/Ketua DPC PPP Teluk Bintuni), Ketua MUI Ahmad Subuh Refideso, Kepala OPD pada lingkup Pemda Teluk Bintuni dan tamu undangan lainnya. (hs)



TAGS :

Komentar