KPK Tetapkan Azis Syamsuddin Tersangka Suap Pengurusan Perkara

  • 25 September 2021 07:41 WITA

Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, sebagai tersangka. Ia ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan suap terkait pengurusan perkara yang sedang ditangani KPK di Kabupaten Lampung Tengah.

Azis ditetapkan sebagai tersangka setelah dilakukan pengumpulan berbagai bahan keterangan mengenai dugaan suap pengurusan perkara itu. KPK melanjutkan ke tahap penyelidikan dan kemudian ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup untuk ditingkatkan ke tahap penyidikan.

"Sehingga KPK sejak awal September 2021 meningkatkan status perkara ini ke penyidikan dengan mengumumkan tersangka, AZ (Muhammad Azis Syamsuddin) Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024," kata Ketua KPK, Firli Bahuri saat menggelar konpers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Sabtu (25/9/2021), dini hari.

Perkara ini bermula, ketika Azis Syamsuddin meminta bantuan kepada oknum penyidik KPK asal Polri, AKP Stepanus Robin Pattuju (SRP) pada Agustus 2020. Azis meminta Stepanus Robin untuk membantu mengurus perkara yang menjeratnya di KPK.

Azis diduga terjerat kasus dugaan suap terkait pengurusan Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Lampung Tengah tahun 2017. Ia terjerat di kasus tersebut bersama-sama dengan mantan Wakil Ketua Umum PP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Aliza Gunado.


Halaman :

TAGS :

Komentar