MAKI Duga Bendera Mirip HTI di KPK Milik Oknum Jaksa

  • 04 Oktober 2021 12:05 WITA

Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Koordinator Koalisi Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menduga, bendera yang mirip dengan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di salah satu ruang kerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah milik oknum jaksa. Sebab, bendera itu ditemukan di lantai 10 Gedung Merah Putih KPK.

Di mana, berdasarkan keterangan yang dikantongi Boyamin dari KPK, lantai 10 Gedung Merah Putih merupakan ruang penuntutan yang diisi oleh para jaksa yang ditugaskan di KPK. Atas dasar itu, Boyamin menduga pemilik bendera mirip HTI di KPK adalah oknum jaksa.

"Bahwa berdasar keterangan KPK, lantai 10 adalah ruang penuntutan dari Jaksa yang bertugas di KPK, artinya pembawa dan penyimpan Bendera tersebut adalah diduga Jaksa dari Kejaksaan Agung yang ditugaskan di KPK," ungkap Boyamin melalui keterangan resminya, Senin (4/10/2021).

Boyamin meminta Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk memeriksa oknum jaksanya yang ditugaskan di KPK tersebut. Sebab, jika oknum jaksa tersebut terbukti memiliki dan menyimpan bendera HTI, maka yang bersangkutan telah melanggar kode etik.

"Bahwa atas polemik bendera tersebut, patut diduga jaksa yang bertugas di KPK pembawa atau penyimpan bendera tersebut patut diduga telah melanggar kode etik jaksa dan diduga melanggar disiplin PNS sebagaimana diatur Peraturan Pemerintah No. 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS," kata Boyamin.

"Bahwa meskipun dugaan jaksa yang sedang bertugas di KPK namun Jaksa Agung Muda Pengawasan Kejagung tetap berwenang melakukan pemeriksaan atas dugaan pelanggaran etik jaksa dimanapun bertugas," sambungnya.


Halaman :

TAGS :

Komentar