Miliki 260 Hektar Tambak Udang, Pemalang akan Jadi Pusat Ekspor

  • 06 Oktober 2021 11:53 WITA

Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAWA TENGAH - Pemalang akan memiliki tambak udang vaname terintegrasi seluas 260 ha, tepatnya di Desa Pesantren, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Hal ini merupakan hasil kerjasama PTPN IX dan Foss Group.

Tambak tersebut akan menampung pekerja lebih dari 2.000 orang, di mana 70 persen dari total pekerja nantinya akan diisi oleh notabene anak yatim piatu dan santri yang akan dididik secara khusus dengan sebutan "Menejemen Berkah".

Afo Lim dari Foss Group kepada media menerangkan, sebelumnya, Minggu (3/10/2021) Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarta melakukan ground breaking pembangunan tambak udang vaname terintegrasi.

"Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Ketua MPR RI H. Arsul Sani, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat serta Forkompinda Kabupaten Pemalang," jelasnya, Rabu (6/10/2021).

Menurut Afo Lim, 260 ha tersebut akan dikembangkan dengan teknologi tinggi terbaru dan akan menerapkan 3 system.

Pertama akan menggunakan system Bioflok dengan tebar padat 1m² tebar 3000 Ekor Benur, kedua Supra intensif semua ini yang disebut Semi Bioflok dengan tebar padat 1m² 1.000 benur.

"Dan ketiga intensif yang disebut penggabungan tradsional dan teknologi baru dengan tebar padat 1m² tebar 300 ekor benur. Ini pertama di Indonesia," terangnya.

Dijelaskan, total keseluruhan 260 ha terdiri dari 750 kolam budidaya, pengendapan (waduk) seluas 35 ha yang akan memberi kesempatan kepada warga sekitar untuk ikut budi daya. Kemudian hasil dari pembuangan limbah atau disebut (IPAL) sebesar 30 ha.

"Dari IPAL tersebut kita fungsikan untuk budidaya ikan bandeng dan ikan nila yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat, serta 2 ha untuk pembangunan pesantren dan diklat keahlian pertambakan," jelasnya.


Halaman :

TAGS :

Komentar