Terjaring OTT, KPK Tetapkan Putra Kandung Alex Noerdin Tersangka Suap

  • 16 Oktober 2021 20:05 WITA
Konpers Penetapan tersangka Bupati Musi Banyuasin dan tiga tersangka lainnya

Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex Noerdin (DRA) sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengadaan infrastruktur di daerahnya. Dodi Reza diketahui merupakan Putra kandung Gubernur Sumatra Selatan, Alex Noerdin.

Baca juga:
OTT Musi Banyuasin, KPK Total Amankan 6 Orang Termasuk Dodi Alex Noerdin

Dodi Reza ditetapkan sebagai tersangka setelah terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Jumat, 15 Oktober 2021. Politikus Golkar tersebut ditetapkan tersangka bersama Kadis PUPR Musi Banyuasin, Herman Mayori (HM); Kabid SDA/PPK Dinas PUPR Kabupaten Musi Banyuasin, Eddi Umari (EU); serta Direktur PT Selaras Simpati Nusantara, Suhandy (SUH).

"KPK melakukan penyelidikan dan ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup, sehingga KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan mengumumkan empat orang tersangka," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Sabtu (16/10/2021).

Dalam kasus ini, KPK menduga Dodi Reza Alex telah mengarahkan Herman Mayori, Eddi Utari dan beberapa pejabat lain di Dinas PUPR Kabupaten Muba agar merekayasa proses lelang sejumlah proyek di Muba. Salah satunya, dengan membuat list daftar paket pekerjaan dan telah pula ditentukan calon rekanan yang akan menjadi pelaksana pekerjaan tersebut.  

Selain itu, Dodi Reza Alex Noerdin dsebut juga telah menentukan adanya presentase pemberian fee dari setiap nilai proyek paket pekerjaan di Kabupaten Muba. Dengan rincian yaitu, 10% untuk Dodi Reza, 3% sampai dengan 5% untuk Herman Mayori, dan 2% hingga 3 % untuk Eddi Utari serta pihak lainnya.


Halaman :

TAGS :

Komentar