Peringatan Sumpah Pemuda di Teluk Bintuni Dimeriahkan Tarian Adat

  • 29 Oktober 2021 23:20 WITA
Ketua KNPI Teluk Bintuni , Kenny Kindewara saat membacakan Sumpah Pemuda , Kamis (28/10/2021)

Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, BINTUNI - Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun digelar di Kampung Korano Jaya Sp2, Distrik menimeri, Kamis (28/10/2021). Turut berpartisipasi berasal dari PSHT Cabang 272 Bintuni, pagelaran kesenian Reong, tarian adat dan karnawal.

Ketua KNPI Teluk Bintuni Kenny Kindewara mengajak tokoh pemuda, masyarakat dan adat untuk bersama bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mebangun tanah sisar matiti.

"Sumpah Pemuda adalah suatu ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia," kata Keny.

Detik-detik lahirnya Sumpah Pemuda terjadi pada rapat ketiga Kongres Pemuda II. Dirangkum dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ikrar Sumpah Pemuda adalah hasil putusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II yang digelar pada 27-28 Oktober 1928. 

Generasi Pemuda sangat berperan penting dalam pembangunan Daerah, karena estafet pembangunan akan dilanjutkan oleh para pemuda.

"Dengan semangat Sumpah Pemuda yang ke-93 mari pemuda bersatu dari seluruh ormas pemuda yang berada di Kabupaten Teluk Bintuni bekerjasama dengan pemerintah, sudah saatnya kita pemuda bangkit untuk menjadi penerus orang tua kita dan membangun tanah sisar matiti yang kita cintai," tuturnya.

Bertepatan dengan hari sumpah pemuda ia berharap kepada pemerintah daerah dan aparat keamanan agar memebrantas peredaran miras yang ada di Kabupaten Teluk Bintuni.

"Karena miras sangat merugikan generasi muda kita. Banyak beredar penjualan miras di pinggir jalan, mudah didapatkan oleh masyarakat dan anak-anak di usia labil mengakibatkan lakalantas serta keributan karena mengonsumsi miras," ujarnya.

"Pemuda harus menyiapkan diri dari sekarang apa lagi kedepan perusahaan-perusahan besar berada di tanah kita, seketika pemuda terlena dengan mengonsumsi miras kapan pemuda akan membangun bintuni, karena kedepan kita pemuda inilah penerus estafet pembangunan orang-orang tua kita," harap Keny. (hs)



TAGS :

Komentar