Andika Perkasa Calon Tunggal Panglima TNI : Harta Ratusan Miliar, Mayoritas Rumahnya Hibah

  • 03 November 2021 14:55 WITA
Jenderal TNI Andika Perkasa

Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa terpilih menjadi calon tunggal Panglima TNI yang bakal menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. Hal tersebut terungkap setelah DPR RI menerima Surat Presiden (Surpres) yang diserahkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Berdasarkan hasil penelusuran MCWNEWS dari laman elhkpn.kpk.go.id, Andika Perkasa memiliki harta kekayaan sebesar Rp179.996.172.019 (Rp179 miliar). Harta kekayaannya itu dilaporkan Andika saat menjabat sebagai KSAD pada 20 Juni 2021.

Dari laporannya tersebut, harta kekayaan Andika mayoritas berupa tanah dan bangunan yang berjumlah 20 aset. Sebanyak 20 aset rumah dan tanahnya tersebut tersebar di daerah Jakarta, Cianjur, Bogor, Bantul, Sleman, Bandar Lampung, Surabaya, dan Tabanan Bali.

Diperhatikan lebih rinci dari laporan harta kekayaannya, hampir mayoritas rumah dan tanah Andika Perkasa statusnya hibah tanpa akta. Tercatat, hanya satu tanah seluas 1.000 m2 di Bogor yang merupakan hasil sendiri.

Andika juga tercatat memiliki aset bangunan hibah tanpa akta di Australia, serta tiga unit tanah dan bangunan hibah tanpa akta di Amerika Serikat. Jika ditotal keseluruhan, aset rumah dan tanah Andika mencapai sekira Rp38 miliar 

Andika dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) juga tercatat memiliki dua unit kendaraan roda empat (mobil), yakni Landrover Sport 3.0 V6 tahun 2014 dan Mercedes Benz Sprinter 315 tahun 2018. Keduanya ditaksir seharga Rp2,6 Miliar. 

Andika juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya yang nilainya ditaksir mencapai kisaran Rp10 Miliar, surat berharga senilai Rp2 Miliar, dan kas atau setara kas sejumlah Rp126 Miliar. Sehingga, secara keseluruhan, total harta kekayaan Andika mencapai Rp179,9 Miliar. (ads)



TAGS :

Komentar